IFATUN HANI'AH, 12201183086 (2022) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Asawaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Ifatun Hani’ah, NIM 12201183086, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing oleh Mukhamad Sukur M.Pd.I., NIDN. 2001058304 Kata Kunci: Strategi Guru Akidah Akhlak, Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman yang memiliki dampak buruk terhadap karakter generasi muda. Perkembangan zaman yang semakin canggih tidak dibarengi dengan kemajuan kemampuan pembentukan karakter religus, sehingga sering terjadi kerusakan pada moral manusia dalam kehidupan sehari-hari kurang sopan santun, kurang disiplin, suka berbohong, dan hilangnya rasa tanggung jawab. Perlu sekiranya untuk membentengi diri dengan memperbaiki karakter religius peserta didik sejak dini. Maka, dari itu diperlukan strategi yang dapat digunakan oleh guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik dengan baik. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung, dengan mongoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian datanya, data yang digali berdasarkan tiga komponen, orang, tempat, dan kertas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Perencanaan guru dalam membentuk karakter religius peserta didik adalah merencanakan pembuatan tata tertib dimana peserta didik bisa membentuk nilai-nilai karakter religius yang diterapkan disekolahan seperti disiplin, tanggung jawab, jujur, kreatif, cinta tanah air, peduli lingkungan, dan peduli sosial. Beberapa rencana agenda kegiatan yang dilaksanakan guna membentuk karakter peserta didik diantaranya, kegiatan harian, kegiatan mingguan, kegiatan Bulanan, kegiatan Tahunan. (2) Pelaksanaan guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik sikap disiplin, tanggung jawab, jujur, kreatif, cinta tanah air, peduli lingkungan dan peduli sosial pada siswa guru juga menggunakan strategi pembiasaan. Dalam pembiasaan disini maksudnya adalah siswa dibiasakan melakukan sesuatu dengan tertib, baik dan teratur, yaitu dimana peserta didik diwajibkan untuk mengikuti kegiatan mentaati tata tertib dengan pembiasaan sehari-hari. Adapun pembiasaan yang dilakukan di sekolah dibagi menjadi harian seperti, mentaati peraturan, siswa datang ke sekolah dengan tepat waktu, bersalaman dengan guru yang siap menyambut kedatangan siswa, mengikuti protokol kesehatan di sekolah, berpakaian dengan rapi, pembiasaan membaca doa sebelum pelajaran maupun sesudah pelajaran, pembacaan yasin, asmaul husna dan piket kelas. Kegiatan mingguan seperti, Istighasah, mengumpulkan tugas tepat waktu, mendapatkan nasihat dari kepala sekolah. Kegiatan bulanan seperti, ekstrakulikuler seperti pramuka latihan banjari, shalawatan. Kegiatan tahunan seperti, Memperingati hari besar islam, Olimpiade keagamaan. Pembiasaan tersebut dilakukan siswa secara terus menerus dan konsisten setiap saat. (3) Evaluasi guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik dilakukan ada 3 macam yaitu evaluasi dengan peserta didik secara langsung, evaluasi guru dengan guru yang lain, dan juga evaluasi guru dengan wali peserta didik. Dukungan dari berbagai pihak untuk mendukung perkembangan peserta didik dapat memberikan motivasi dalam pembentukan karakter religious dengan diterapkan mengunakan penilaian efektif dan psikomotorik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Sosiologi Agama > Budaya Pendidikan > Guru Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183086 Ifatun Hani'ah |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:20 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 03:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27850 |
Actions (login required)
View Item |