IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS 4 DALAM PELAKSANAAN SEKOLAH ONLINE DI MI MANBA‟UL „ULUM BUNTARAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

NUR LAILI MASRURIN HIDAYATI, 12205183316 (2022) IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS 4 DALAM PELAKSANAAN SEKOLAH ONLINE DI MI MANBA‟UL „ULUM BUNTARAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (985kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi “Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Kelas 4 dalam Pelaksanaan Sekolah Online di MI Manba‟ul „Ulum Buntaran Rejotangan Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Laili Masrurin Hidayati, NIM 12205183316, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Mochamad Arif Faizin, M. Ag. Kata Kunci: Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Kelas, Sekolah Online Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena tentang sekolah online sebagai trend di tengah pandemi covid 19 yang menjadi masalah baru bagi guru dan siswa. Sekolah online di MI Manba‟ul „Ulum Buntaran Rejotangan Kabupaten Tulungagung yang melakukan secara full online. Kompetensi pedagogik guru kelas 4 menjadi faktor utama dalam keberhasilan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan. Sekolah online menjadi pelopor bagi guru kelas karena belum pernah menerapkannya. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi pada strategi pembelajaran guna melaksanakan sekolah online di MI Manba‟ul „Ulum Buntaran Rejotangan Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi pada metode pembelajaran guna melaksanakan sekolah online di MI Manba‟ul „Ulum Buntaran Rejotangan Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana implementasi pada media pembelajaran guna melaksanakan sekolah online di MI Manba‟ul „Ulum Buntaran Rejotangan Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian fenomenologi, jenis penelitian studi lapangan dengan rancangan studi kasus. Lokasi penelitian ini di MI Manba‟ul Ulum Buntaran Rejotangan Kabupaten Tulungagung, dengan memaksimalkan kehadiran peneliti sebagai penyajian datanya, data memuat 2 sumber yaitu (1) data primer (2) data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Implementasi pada strategi pembelajaran guna melaksanakan sekolah online di MI Manba‟ul „Ulum Buntaran Rejotangan Kabupaten Tulungagung yaitu strategi pembelajaran tidak langsung dan strategi pembelajaran langsung. (2) Implementasi pada metode pembelajaran guna melaksanakan sekolah online di MI Manba‟ul „Ulum Buntaran Rejotangan Kabupaten Tulungagung yaitu metode discovery learning dan metode diskusi. (3) Implementasi pada media pembelajaran guna melaksanakan sekolah online di MI Manba‟ul „Ulum Buntaran Rejotangan Kabupaten Tulungagung yaitu menggunakan beberapa jenis media pembelajaran yaitu media visual, media audio dan visual, serta media non proyeksi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183316 NUR LAILI MASRURIN HIDAYATI
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:10
Last Modified: 20 Jul 2022 02:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27888

Actions (login required)

View Item View Item