NAFISATUL JANNAH, 12204183137 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI SPLDV MTS SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (828kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (491kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi SPLDV MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri” ini ditulis oleh Nafisatul Jannah, NIM 12204183137, Jurusan Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Flipped Classroom, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor diantaranya, matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit, monotonnya model pembelajaran yang digunakan, kurangnya penggunaan model pembelajaran, rendahnya semangat siswa dalam bertanya dan mengerjakan soal matematika. Hal ini menyebabkan rendahnya minat belajar siswa. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan model pembelajaran flipped classroom dalam pembelajaran matematika. Model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan efektif agar memudahkan siswa belajar matematika. Hal ini dapat membuat pembelajaran matematika lebih menarik sehingga akan berpengaruh pada minat dan hasil belajar matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap minat belajar siswa kelas VIII materi SPLDV MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi SPLDV MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII materi SPLDV MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dengan desain post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dan siswa kelas VIII I sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran saintifik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian iniadalah angket dan tes. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji t untuk hipotesis 1 dan 2, sedangkan uji hipotesis 3 menggunakan uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap minat belajar siswa kelas VIII materi SPLDV MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri, dengan taraf signifikansi 0,030.(2) ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi SPLDV MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri, dengan taraf signifikansi0,000. (3) ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII materi SPLDV MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri, dengan taraf signifikansi0,000.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Matematika Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183137 NAFISATUL JANNAH |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 06:40 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 06:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27924 |
Actions (login required)
View Item |