PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN KARTU DOMINO KATA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 3 MI HIDAYATUL MUBTADIIN SUKORAME, GANDUSARI, TRENGGALEK

NOVITA EKA SAFITRI, 12205183143 (2022) PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN KARTU DOMINO KATA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 3 MI HIDAYATUL MUBTADIIN SUKORAME, GANDUSARI, TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Permainan Kartu Domino Kata Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame, Gandusari,Trenggalek” ini ditulis oleh Novita Eka Safitri, NIM. 12205183143, dosen pembimbing Dr.Hj. St Noer Farida Laela, M.A Kata Kunci : Permainan kartu, motivasi belajar, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan metode pembelajaran yang masih konvensional dan kurang menarik yang dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar peserta didik menjadi menurun. Pembelajaran Bahasa inggris di SD hanya menekankan kemampuan hafalan peserta didik dalam waktu yang singkat karena tidak adanya media pembelajaran Bahasa inggris yang menyenangkan dalam membantu hafalan peserta didik. Pembelajaran Bahasa inggris yang bermakna untuk anak SD haruslah bersifat gembira dan interaktif, oleh sebab itu media ataupun metode yang di gunakan haruslah interaktif dan menarik minat peserta didik selama proses belajar mengajar Dalam hal ini, peneliti menghubungkan dengan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas 3 MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame, Gandusari,Trenggalek. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) adakah pengaruh penerapan permainan kartu domino kata terhadap motivasi belajar peserta didik kelas 3 MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame, Gandusari,Trenggalek? (2) adakah pengaruh penerapan permainan kartu domino kata terhadap hasil belajar peserta didik kelas 3 MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame, Gandusari,Trenggalek? Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas 3 MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari dengan jumlah keseluruhan kelas sebanyak 2 kelas dan jumlah peserta didik sebanyak 45 peserta didik. Sampel dari penelitian ini adalah kelas 3A dan 3B dengan jumlah peserta didik 3A sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan 3B sebanyak 23 siswa sebagai kelas control. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan test. Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil analisis data dan pembahasan mengenai pengaruh penerapan permainan kartu domino kata terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas 3 MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame, Gandusari, Trenggalek menunjukan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan pada penerapan permainan kartu domino kata terhadap motivasi belajar peserta didik kelas 3 MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame, Gandusari, Trenggalek. Hasil uji Mann Whitney motivasi belajar menunjukan bahwa nilai Asym. Sig (2-tailed) adalah sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0.05. mengacu pada dasar keputusan yang djadikan acuan diatas , maka H0 ditolak dan Ha diterima (2) Ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan permainan kartu domino kata terhadap hasil belajar peserta didik kelas 3 MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame, ini bisa di buktikan dari hasil uji Wilcoxon yang telah dilakukan, diketahui bahwa nilai Asym.Sig (2-tailed) adalah 0.000 atau lebih kecil dari 0.05. maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183143 NOVITA EKA SAFITRI
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:22
Last Modified: 20 Jul 2022 06:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27925

Actions (login required)

View Item View Item