NURUL MAGHFIROTIN NISA’, 12207183015 (2022) PERAN MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN CITRA MADRASAH DI MTsN 1 LAMONGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (982kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (106kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (162kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsiَ denganَ judulَ “Peranَ Manajemenَ Hubunganَ Masyarakatَ dalamَ Membangunَ Citraَ Madrasahَ diَ MTsNَ 1َ Lamongan”َ iniَ ditulis oleh Nurul Maghfirotinَ Nisa’,َ NIMَ 12207183015,َ Jurusanَ Manajemenَ Pendidikanَ Islam,َ Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, di bombing oleh Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci : Manajemen Hubungan Masyarakat, Citra Lembaga Pendidikan Fenomena menarik terjadi dalam penyelenggaran pendidikan pada akhir- akhir ini yang dihadapi oleh lembaga pendidikan adalah turunya citra madrasah. hal itu ditandai dengan menurunya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap madrasah, serta menurunya peserta didik pada tiap tahun. Bagi mereka kriteria madrasah yang memiliki program yang menarik akan mampu mengikuti persaingan dan perkembangan zaman. Dalam hal ini penelitian dilakukan di MTsN 1 Lamongan mengingat madrasah ini memiliki humas yang cukup baik dan bagus yang ditandai dengan banyaknya peserta didik yang dimiliki dan juga prestasi yang telah didapat. Sehingga humas memiliki banyak cara pada setiap tahunya untuk memikat para masyarakat yang nantinya dapat meningkatkan citra madrasah. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Madrasah di MTsN 1 Lamongan? (2) Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Madrasah di MTsN 1 Lamongan? (3) Bagaimana Pengendalian Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Madrasah di MTsN 1 Lamongan? (4) Bagaimana Implikasi Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Madrasah di MTsN 1 Lamongan? Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kreadibilitas dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi , analisis kasus negatif, menggunakan bahan refrensi, dan mengadakan membercheck, transferability, dan confirmability. Hasil analisis data ditemukan bahwa : (1) Perencanaan manajemen hubungan masyarakat dalam membangun citra madrasah yaitu dengan menetapkan tujuan dengan melakukan orientasi visi misi pada peningkatan kualitas dan selaku waka humas membuat program kerja yang nantinya akan melaksanakan kegiatan demi membangun citra madrasah dan menjaga citra tersebut. Kemudian menentukan siapa saja target dan sasaran beserta jangka waktu serta anggaran biaya dalam pelaksanaan program kerja untuk mendapatkan citra madrasah baik. (2) Pelaksanaan manajemen hubungan masyarakat dalam membangun citra madrasah yaitu adanya komunikasi dua arah yakni komunikasi internal dan eksternal, untuk komunikasi internal mencakup semua warga madrasah kemudian komunikasi eksternal yakni dengan adanya komunikasi secara tidak langsung dengan masyarakat seperti adanya promosi melalui media cetak dan media sosial. (3) Pengendalian manajemen hubungan masyarakat dalam membangun citra madrasah yaitu dengan adanya sebuah evaluasi sebagai bentuk pengendalian atau control. Dengan adanya evaluasi untuk mengetahui bagaimana perkembangan dari program kerja yang telah terrealisasikan. (4) Implikasi manajemen hubungan masyarakat dalam membangun citra madrasah yaitu adanya sebuah kepercayaan dari masyarakat sekitar maupun luar sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183015 NURUL MAGHFIROTIN NISA’ |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 05:27 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 05:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27928 |
Actions (login required)
View Item |