PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI DARUNNAJAH BAKALAN KECAMATAN BEJI, KABUPATEN PASURUAN

ZAKIYAH AL MUKARROMAH AL ULAA, 12205183253 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI DARUNNAJAH BAKALAN KECAMATAN BEJI, KABUPATEN PASURUAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Model merupakan cara yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, model pembelajaran juga merupakan komponen yang harus ada dalam kegiatan pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan materi akan mempengaruhi daya tarik dan keaktifan siswa untuk belajar. Sehingga tentunya juga akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan siswa dalam pembelajaran adalah model Inquiry. model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan kreativitas, pola pikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang ada, sehingga model pembelajaran ini sangat cocok diterapkan pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap keaktifan siswa kelas III pada mata pelajaran IPS di MI Darunnajah Bakalan Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan ? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS di MI Darunnajah Bakalan Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan ? (3) Adakah Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS di MI Darunnajah Bakalan Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan ? Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap keaktifan siswa kelas III pada mata pelajaran IPS di MI Darunnajah Bakalan Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS di MI Darunnajah Bakalan Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. (3) Untuk mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran inquiry terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS di MI Darunnajah Bakalan Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III MI Darunnajah Bakalan Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Sampel penelitian yang digunakan adalah 61 siswa yaitu 31 siswa dari kelas III A sebagai kelas kontrol dan 30 siswa kelas III B sebagai kelas eksperimen. Data yang terkumpul baik dari kelas kontrol dan eksperimen sebelumnya dilakukan analisis prasyarat terlebih dahulu menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, setelah lolos uji prasyarat maka dilanjutkan uji hipotesis menggunakan uji T-test Independent dan uji manova dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran inquiry berpengaruh terhadap keaktifan siswa , berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji T didapatkan nilai signifikan 2- tailed sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 . (2) Model pembelajaran inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips, berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji T didapatkan nilai signifikan 2- tailed sebesar 0,000 kurang dari 0,05 .(3) Model pembelajaran inquiry berpengaruh signifikan terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran ips di MI Darunnajah Bakalan Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183253 ZAKIYAH AL MUKARROMAH AL ULAA
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:08
Last Modified: 20 Jul 2022 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27932

Actions (login required)

View Item View Item