IRA ARMISA, 12205183306 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (735kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (448kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan siswa menjadi kurang aktif. Hal ini akan berpengaruh juga dalam hasil belajarnya. Guru sebagai pendidik memiliki peranan penting dalam keberhasilan belajar siswa. Maka dari itu, guru dituntut untuk berpikir kreatif dalam menciptakan pembelajaran di kelas khususnya dalam penggunaan model pembelajaran. Untuk membantu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa maka peneliti mencoba meneliti dengan menggunakan model pembelajaran word square. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran word square terhadap keaktifan belajar siswa mata pelajaran IPA di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? (3) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran word square terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 18 siswa dan VB yang berjumlah 20 siswa dengan total keseluruhan 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan (1) Hasil uji T angket keaktifan diperoleh Sig.sebesar 0,002. Nilai Sig. < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran word square terhadap keaktifan belajar siswa mata pelajaran IPA di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, (2) hasil uji T tes hasil belajar diperoleh nilai Sig. 0,026. Nilai Sig. < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, (3) hasil uji manova angket keaktifan dan tes hasil belajar diperoleh nilai Sig. 0,007. 0,007 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran word square terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183306 IRA ARMISA |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 05:40 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 05:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27933 |
Actions (login required)
View Item |