PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V MIN 1 TULUNGAGUNG

FIRDA KHOIRUNNISA, 12205183335 (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang berpusat pada guru tidak memberikan ruang bagi siswa untuk berfikir secara aktif. Siswa cenderung pasif dan kurang termotivasi untuk belajar sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, perlu adanya suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Model Problem Based Learning digunakan dalam proses pembelajaran karena model ini menggunakan masalah dalam kehidupan nyata sebagai topik pembahasannya, masalah yang diberikan dapat meningkatkan rasa ingin tahu sehingga siswa termotivasi untuk berlajar dan meningkatkan hasil belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar tematik siswa kelas V MIN 1 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V MIN 1 Tulungagung. 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar tematik secara simultan pada siswa kelas V MIN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Rancangan penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 1 Tulungagung sejumlah 86 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA (kelas eksperimen) dan kelas VB (kelas kontrol). Sampel diperoleh melalui teknik probability sampling jenis simple random sampling. Metode angket untuk memperoleh data motivasi belajar siswa, metode tes untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik parametris dengan Uji Independent Sample T-test dan uji MANOVA. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar tematik siswa kelas V MIN 1 Tulungagung. Hal ini berdasarkan hasil uji Independent Sample T-test yang menunjukkan nilai thitung (3,877) > ttabel (2,003) dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar tematik siswa kelas V MIN 1 Tulungagung. 2) ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V MIN 1 Tulungagung. Hal ini berdasarkan hasil uji Independent Sample T-test menunjukkan nilai thitung (8,066) > ttabel (2,003) dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V MIN 1 Tulungagung. 3) ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar tematik secara simultan pada siswa kelas V MIN 1 Tulungagung. Hal ini berdasarkan hasil uji MANOVA diperoleh nilai ke-empat p-value (Sig.) 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar tematik secara simultan pada siswa kelas V MIN 1 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183335 FIRDA KHOIRUNNISA
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:47
Last Modified: 20 Jul 2022 07:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27958

Actions (login required)

View Item View Item