ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG PADA KONTEN QUANTITY DENGAN KONTEKS PERSONAL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

KARSAVICKA SETIA ARYANTO, 12204183251 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG PADA KONTEN QUANTITY DENGAN KONTEKS PERSONAL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (732kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (315kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung pada Konten Quantity dengan Konteks Personal Ditinjau dari Motivasi Belajar” ditulis oleh Karsavicka Setia Aryanto 12204183251 Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Kemampuan Literasi Matematika, Konten Quantity, Konteks Personal, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalah yang sering dijumpai pada proses pembelajaran matematika di sekolah yaitu banyak siswa belum mampu mengaplikasikan pengetahuan matematika yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah yang ada pada kehidupan sehari-hari. Literasi matematika penting untuk dimiliki setiap individu sejak dini untuk menghadapi dan mencari solusi atas masalah yang makin bervariasi pada abad 21 ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII Mts Al-Ma’arif Tulungagung dengan motivasi belajar tinggi; 2) mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII Mts Al-Ma’arif Tulungagung dengan motivasi belajar sedang; 3) mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII Mts Al-Ma’arif Tulungagung dengan motivasi belajar rendah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket motivasi belajar matematika, tes kemampuan literasi matematika, wawancara, daan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Siswa dengan motivasi belajar tinggi mampu memenuhi indikator kemampuan literasi matematika (merumuskan, menggunakan, menafsirkan, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan matematika) dengan baik; 2) Siswa dengan motivasi belajar sedang mampu merumuskan masalah dan menggunakan matematika dengan cukup baik tetapi kurang teliti dalam membaca informasi pada soal sehingga menimbulkan jawaban yang kurang sesuai. Siswa mengalami kesulitan pada proses penafsiran solusi dan komunikasi matematika, namun siswa telah melakukan proses evaluasi meski tidak berpengaruh pada solusi yang telah ditemukan; 3) Siswa dengan motivasi belajar rendah kurang mampu memenuhi indikator kemampuan literasi matematika. Siswa kurang mampu merumuskan, menggunakan, menafsirkan, mengevaluasi, serta mengkomunikasikan matematika dengan baik. Siswa cenderung menjawab tanpa menggunakan alasan yang matematis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183251 KARSAVICKA SETIA ARYANTO
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:43
Last Modified: 20 Jul 2022 04:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27996

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item