Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Melalui Model Pembelajaran Authentic Learning Peserta Didik Kelas 4 MIN Pucung Ngantru Tulungagung

Mukson, Mohamad (2014) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Melalui Model Pembelajaran Authentic Learning Peserta Didik Kelas 4 MIN Pucung Ngantru Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
ABSTRAK translate.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I , 12 ok.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II , 46 ok.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III , 24 ok.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV, 40 ok.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V, 3 ok.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftr rujukan.pdf

Download (23kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci: Model Pembelajaran Authentic learning, Hasil Belajar. Beberapa penyebab rendahnya hasil belajar IPS kelas IV di MIN Pucung Ngantru Tulungagung adalah ketidaksukaan peserta didik terhadap IPS menjadikan peserta didik kurang kreatif dan lemah dalam penguasaan materi. Disebabkan juga sebagian besar guru lebih suka menggunakan metode ceramah ketika mengajar. Dan permasalahan lain yaitu peserta didik menyelesaikan soal hanya terpaku pada ingatan materi yang mereka hafalkan bukan karena pengalaman belajar sehari-hari yang mereka hadapi sehingga materi yang disampaikan tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS yang berintikan sosial. Dalam materi aktivitas ekonomi peneliti mengunakan model pembelajaran Authentic Learning, sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Authentic Learning ini diharapkan dapat memotivasi peserta didik dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran authentic learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi aktivitas ekonomi semester II peserta didik kelas 4 MIN Pucung Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2013/2014? 2) Apakah model pembelajaran authentic learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi aktivitas ekonomi peserta didik kelas 4 semester II MIN Pucung Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2013/2014? Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah: 1) Untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran authentic learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi aktivitas ekonomi semester II peserta didik kelas 4 MIN Pucung Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2013/2014. 2)Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi aktivitas ekonomi melalui penerapan model pembelajaran authentic learning peserta didik kelas 4 semester II MIN Pucung Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2013/2014. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk dapat belajar dan memahami tugas berat guru sekaligus mengetahui lebih jauh permasalahan pembelajaran di madrasah sehingga dapat mempersiapkan diri menjadi guru profesional. Bagi MIN Pucung Ngantru Tulungagung dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam rangka perbaikan kegiatan pembelajaran di madrasah. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar. Adapun teknik pengumpulan data mengunakan tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar IPS peserta didik kelas IV MIN Pucung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran IPS, respon siswa, sejarah madrasah, keadaan siswa, guru dan karyawan, strukur organisasi, kegiatan ekstrakurikuler, sarana dan prasarana madrasah, dan dokumentasi digunakan untuk lebih memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran authentic learning, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik mulai pre test, post test siklus 1, sampai post test siklus 2. Hal ini dapat diketahui dari jumlah peserta didik 41 anak, ada 13 anak yang mencapai KKM dan 28 anak belum mencapai KKM dengan persentase 31,70 % (pre test). Post test siklus 1 meningkat menjadi 23 anak yang lulus KKM dengan persentase 56, 09 %. Post test siklus 2 meningkat lagi menjadi 32 anak yang lulus KKM dengan persentase 78,04 %. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran authentic learning mampu meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 30 Sep 2014 03:06
Last Modified: 30 Sep 2014 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28

Actions (login required)

View Item View Item