PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DENGAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

RISTA YUNITA SARI, 12204183233 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DENGAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (203kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Dengan Permainan Teka-Teki Silang Terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa Materi Perbandingan Kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Rista Yunita Sari, NIM. 12204183233, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs), Hasil Belajar, Minat Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep dalam matematika. Kurangnya kegiatan pengajaran yang bermakna memungkinkan siswa kurang mampu memahami konsep. Berdasarkan hal tersebut salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menerapkan suatu model pembelajaran yang berorientasi pada konsep yakni model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs). CUPs adalah model pembelajaran yang menekankan pada kesempatan keterlibatan siswa didalam proses pembelajaran dan siswa ditanamkan bagaimana membuat kesimpulan pada akhir pembelajaran sehingga siswa dapat mendefinisikan konsep serta mengidentifikasi suatu konsep. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CUPs dengan permainan teka-teki silang terhadap hasil belajar materi perbandingan siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung, (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CUPs dengan permainan teka-teki silang terhadap minat belajar materi perbandingan siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung, (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CUPs dengan permainan teka-teki silang terhadap hasil dan minat belajar materi perbandingan siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung dan sampel penelitian yang diambil ada dua kelas yaitu kelas VII A dengan jumlah 14 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D dengan jumlah 14 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dengan tes, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini: (1) ada pengaruh model pembelajaranCUPs dengan permainan teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa materi perbandingan kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung (2) ada pengaruh model pembelajaran CUPs dengan permainan teka-teki silang terhadap minat belajar siswa materi perbandingan kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung (3) ada pengaruh model pembelajaran CUPs dengan permainan teka-teki silang terhadap hasil dan minat belajar siswa materi perbandingan kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Minat Belajar
Matematika > Perbandingan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183233 Rista Yunita Sari
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:32
Last Modified: 21 Jul 2022 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28024

Actions (login required)

View Item View Item