STRATEGI GURU AL-QURAN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QURAN PADA PESERTA DIDIK DI MTS MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG

BERLIANA ELLA SARI, 12201183290 (2022) STRATEGI GURU AL-QURAN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QURAN PADA PESERTA DIDIK DI MTS MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al-Quran Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Peserta Didik di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Berliana Ella Sari, NIM. 12201183290, Pembimbing Dr. Hj. Elfi Muawanah, S.Ag., M.Pd Kata Kunci: Strategi, Kesulitan Belajar, Al-Quran Hadits Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam yang dihadapkan pada zaman modern diantaranya adalah maraknya berbagai macam teknologi yang semakin canggih, secara tidak langsung hal itu dapat mempengaruhi pertumbuhan peserta didik dalam belajar khususnya dalam membaca Al-Qur’an. Di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung terdapat siswa yang masih kurang mampu dalam membaca Al-Qur’an, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor baik intern maupun ekstern. Oleh sebab itu dibutuhkan strategi guru Al-Qur’an Hadits yang memberikan dorongan penuh kepada siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apa saja bentuk-bentuk kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Quran di Mts Miftahul Huda Ngunut Tulungagung? (2) Apa saja faktor penyebab kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Quran di Mts Miftahul Huda Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru Al-Quran Hadist dalam mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Quran di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Quran, mengetahui faktor penyebab kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Quran serta strategi yang digunakan oleh guru Al-Quran Hadist dalam mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Quran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan terhadap pihak sekolah. Terutama gambaran bagi guru Al-Qur’an Hadits dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan strategi guru dalam mengatasi siswa yang kesulitan membaca Al-Quran. Bagi Guru Al-Quran Hadits penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk meningkatkan peran guru dan kualitas pembelajaran Al-Quran Hadits di MTs Miftahul Huda Ngunut Bagi peserta didik penelitian ini dapat dijadikan sebagai sebagai usaha untuk menyadarkan peserta didik bahwa mencari ilmu agama juga sama pentingnya dengan mencari ilmu umum, yaitu dengan belajar membaca Al-Qur’an baik di TPQ atau di rumah sehingga peserta didik lebih aktif dan dapat berpatisipasi dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini menunggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati kegiatan-kegiatan yang ada di Miftahul Huda Ngunut Tulungagung, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali informasi tentang masalah yang diteliti, serta data dokumen madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk kesulitan membaca Al-Quran pada peserta didik di Mts Miftahul Huda diantaranya yaitu peserta didik kesulitan dalam penyebutan huruf sesuai dengan Makhorijul huruf, kesulitan mengatahui waqaf, kesulitan membaca Al-Quran sesuai dengan tajwid. 2) faktor yang menyebabkan peserta didik kesulitan dalam membaca Al-Quran melalui faktor internal yang berupa rendahnya minat peserta didik dalam membaca Al-Quran serta kurangnya kemampuan dasar yang dimiliki oleh peserta didik. Faktor Eksternal yang berupa pendidikan keluarga, sarana dan prasarana sekolah serta lingkungan yang kurang baik. 3) Strategi yang dilakukan oleh guru Al-Quran Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran di MTs Miftahul Huda pada peserta didik yaitu dengan menggunakan beberapa metode dalam proses pembelajaran diantaranya yitu, metode klasikal individu, klasikal baca-simak dan metode privat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183290 Berliana Ella Sari
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:04
Last Modified: 21 Jul 2022 07:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28113

Actions (login required)

View Item View Item