ALFINA ZAKIATUZ ZAHROH, 12201183349 (2022) IMPLEMENTASI METODE USMANI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL -QUR’AN BAGI SANTRI MADRASAH DINIYAH (MADIN) BAHRUL ULUM GARUM BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (614kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (134kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (211kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (40kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keprihatinan peneliti terhadap kemampuan peserta didik dalam membaca Al-qur’an atau baca tulis Al-qur’an di zaman sekarang ini masih begitu mengkhawatirkan. mengingat di usia mereka yang sudah dewasa atau remaja masih belum tuntas dalam hal baca tulis Al-qur’an, melafalkan ayat-ayatnya pun masih begitu sulit. bahkan tak jarang di antara mereka tidak ada motivasi untuk mempelajarinya. fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana model pembelajaran metode usmani dengan teknik individual dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-qur’an bagi santri Madrasah Diniyah (Madin) Bahrul Ulum Garum Blitar ? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran metode usmani dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-qur’an bagi santri Madrasah Diniyah (Madin) Bahrul Ulum Garum Blitar? (3) Bagaimana model pembelajaran metode usmani dengan teknik klasikal-individual dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-qur’an bagi santri Madrasah Diniyah (Madin) Bahrul Ulum Garum Blitar? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Field Research dan rancangan penelitian Studi Kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran metode usmani dengan teknik individual dalam pembelajaran Baca Tulis Al-qur’an yaitu dengan cara mengajar satu persatu sesuai dengan pelajaran yang dikuasai oleh murid, sedangkan murid menunggu giliran mengaji dari ustadz-ustadzahnya. sedangkan dalam pelaksanaannya mengacu pada buku panduan guru pengajar Al-qur’an (PGPQ) yang telah ada pada kajian teori. adapun pembelajaran metode usmani deengan teknik klasikal-individual yaitu mengajar dengan cara sebagian waktu untuk individual dan sebagian untuk klasikal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > TPA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183349 ALFINA ZAKIATUZ ZAHROH |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 03:01 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 03:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28131 |
Actions (login required)
View Item |