PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI KASUS DI MTS MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG)

ARINA FAIKHOTUN NIKMAH, 12201183117 (2022) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI KASUS DI MTS MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (583kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (942kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pendididikan Karakter (Studi Kasus di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung) ini ditulis oleh Arina Faikhotun Nikmah, NIM. 12201183117, Dosen pembimbing Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru Akidah Akhlak, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Penelitian ini tentang peran guru akidah akhlak dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik di era milenial yang seperti sekarang ini, banyak faktor yang mempengaruhi menurunya karakter siswa, maka dari itu perlu implementasi dari para pendidik di lembaga sekolah untuk meningkatkan nilai pendidikan karakter peserta didik. Khususnya guru akidah akhlak di tingkat Madrasah Tsanawiyah karena di dalam pembelajaran akidah akhlak kebanyakan berisi materi tentang peningkatan akhlak. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam mengimplementasikan niai pendidikan karakter relegius peserta didik di MTs Miftahul Huda Ngunut? (2) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam mengimplementasikan nilai pendidikan karakter disiplin di MTs Mifthul Huda Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam mengimplementasikan nilai karakter jujur di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam mengimplementasikan nilai Pendidikan karakter relegius di MTs Mifthaul Huda Ngunut Tulungagung. (2) untuk mengetahui peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam mengimplementasikan nilai Pendidikan karakter disiplin di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. (3) untuk mengetahui peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam mengimplementasikan nilai Pendidikan karakter jujur di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitianya di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Sumber data di peroleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsehan data menggunakan standar kepercayaan (Tringulasi, diskusi teman sejawat dan perpanjang pengamatan), standar tranferabilitas, standar dependabilitas, standar konfirmabilitas. Hasil penelitian, pertama, Peran guru akidah akhlak di MTs Miftahul Huda Ngunut mengimplementasikan nilai pendidikan karakter relegius dengan menerapkan kegiatan-kegiatan yang mempunyai tujuan masing-masing antara lain yaitu (1) budaya 5S, dalam penerapan ini menggunakan beberapa metode yang di xvi lakukan guru akidah yaitu metode nasehat, metode keteladanan, dan metode hukuman. (2) memulai dan menutup pembelajaran dengan berdoa, dalam penerapan ini guru akidah juga menggunakan metode nasehat, metode kisah dan metode pengawasan. (3) sholat duha dan sholat zuhur berjamaah., dalam penerapan ini guru akidah akhlak menggunakan metode nasehat, metode keteladanan, metode pengawasan dan metode hukuman. (4) membaca ayat-ayat al quran, penerapan ini yang di gunakan oleh guru akidah akhlak yaitu metode nasehat, pengawasan dan hukuman. Kedua, Peran guru akidah akhlak dalam mengimplementasikan nilai karakter disiplin di MTs Miftahul Huda Ngunut dengan menerapkan pembiasaan yaitu: (1) Datang kesekolah dengan tepat waktu, dalam penerapan ini guru akidah akhlak menggunakan metode nasehat, metode keteladanan, dan metode hukuman. (2) Apel Pagi, dalam penerapan ini guru akidah akhlak menggunakan metode nasehat, dan pengawasan. (3) memakai atribut lengkap, dalam penerapan ini guru akidah akhlak menggunakan metode nasehat, metode keteladanan dan metode hukuman. Ketiga, Peran guru akidah akhlak di MTs Miftahul Huda Ngunut mengimplementasikan nilai karakter jujur dengan penerapan beberapa pembiasaan yang mempu-nyai tujuan dalam kegiatan masing-masing antara lain: (1) pembiasaan jujur dalam perkataan, jujur dalam perkataan ini guru akidah akhlak menggunakan metode nasehat metode kisah, metode keteladanan, dan metode hukuman (2) pembiasaan jujur dalam perbuatan yaitu jujur saat ujian tengah semester. Dalam menerapkan ujian guru akidah akhlak menggunakan beberapa metode yaitu metode pemngawasan dan metode hukuman.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183117 Arina Faikhotun Nikmah
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:36
Last Modified: 26 Jul 2022 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28134

Actions (login required)

View Item View Item