IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KANDUNGAN KITAB KUNING DI PONPES MBAH DUL, KABUPATEN TULUNGAGUNG 2021

MUHAMMAD NURAINI, 12201183074 (2022) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KANDUNGAN KITAB KUNING DI PONPES MBAH DUL, KABUPATEN TULUNGAGUNG 2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Sorogan dalam meningkatkan pemahaman kandungan kitab kuning di Pondok Pesantren mbah dul. Tulungagung” Ini ditulis oleh Muhammad Nuraini NIM 12201183074, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Uin Sayyid Ali Rahmatullah tulungagung , yang dibimbing oleh Ibu Dr. Hj Indah Khomsiyah, S,Ag. M.Pd Kata kunci : Sorogan, Pemahamaman Kitab Kuning, Penelitian ini dilatar belakangi adanya sebuah metode yang bernama sorogan, yang terdapat di pondok pesantren, metode tersebut di gunakan oleh banyak pesantren di indonesia sebagai cara untuk membimbing para santri agar dapat memahami isi kandungan kitab kuning. Dalam hal ini peneliti menghubungkan bagaimana implementasi metode sorogan dalam memahamkan isi kandungan kitab kuning Fokus penelitian dari skripsi ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan kegiatan sorogan dalam meningkatkan pemahaman terhadap kandungan kitab kuning di Pondok Pesantren Mbah Dul? (2). Bagaimana pelaksanaan kegiatan sorogan dalam meningkatkan pemahaman terhadap kandungan kitab kuning di Pondok Pesantren Mbah Dul? (3) Bagaimana evaluasi kegiatan sorogan dalam meningkatkan pemahaman terhadap kandungan kitab kuning di Pondok Pesantren Mbah Dul? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perencanaan, pelaksaaan dan evaluasi yang dilakukan dalam kegiatan sorogan, untuk memahami kandungan kitab kuning Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif, dengan mengunkan wawancara, observasi dan dokumentasi, sebagai metode pengumpulan data, sumber data dari penelitian ini adalah selurug kegiatan baik sebelum, saat pelaksaanaan dan sesudah kegiatan sorogan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data , penyajian data dan menarik kesimpulan, peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan mendiskusikan dengan teori dan sumber yang ada Sedangkan hasil penelitian dari penelitian yang dilakukan adalah, (1). Perencanaan yang di siapkan, di berikan oleh ustadz terhadap santri yang mengikuti kegiatan sorogan meliputi mempersiapkan hafalan bacaan lafadz atau maqru’ yang akan di sodorkan ke ustadz, (2). Pelaksanaan kegiaatan sorogan yaitu santri menghadap ke ustadz pembimbing dengan membawa kitab kosongan yang sudah di pelajari sebelumya, setelah itu dia membaca, menjelaskan susuna kalimat dan memaparkan pemahaman dari isi kandungan yang dia baca,(3). Evaluasi yang dilakukan dalam kegiatan sorogan tidak di tentukan oleh waktu atau akhir semester atau setiap bulan seperti di pendidika formal lainnya, evaluasi yang dilakukan oleh ustadz pembimbing kegiatan sorogan di lakukan oleh ustadz secara mutlaq melaluai pertanyaan pertanyaan yang di berikan, Pertanyaan yang diberikan oleh ustadz meiliki jenjang tersendiri yang dibedakan menjadi tiga yaitu, ula wustho dan ulya, dengan standart yang sudah di tentukan oleh ustadz

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183074 Muhammad Nuraini
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:40
Last Modified: 27 Jul 2022 03:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28135

Actions (login required)

View Item View Item