NANDA PUTRI WAHYUNI, 12208183168 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA EVALUASI QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA KELAS VIII DI MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (345kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa merasa bosan dan kurang termotivasi. Selain itu ditemukan bahwa evaluasi pembelajaran masih sebatas paper dan pencil baik dari pembelajaran online maupun offline. Sehingga hasil belajar kurang maksimal. Peneliti mengatasi permasalahan tersebut menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan media evaluasi quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media evaluasi quizizz terhadap motivasi siswa pada materi sistem pernafasan manusia kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media evaluasi quizizz terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernafasan manusia kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media evaluasi quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernafasan manusia kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment design, desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonequivalent Pretest Postest Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN 4 Tulungagung. Sampel yang digunakan 2 kelas yakni VIII A sebagai kelas eksperiment dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah purposive sampling dengan kriteria tertentu. Teknik analisis data yang digunakan uji hipotesis adalah uji t dan uji Manova. Hasil peneliti diketahui (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Problem Based Learning (PBL) berbantuan media evaluasi quizizz terhadap motivasi siswa yang ditunjukkan dengan analisis uji-t diperoleh nilai sig (2 tailed) 0,008 < 0,05, maka H0 ditolak Ha diterima, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media evaluasi quizizz terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan analisis uji-t diperoleh nilai sig (2 tailed) 0,007 < 0,05, maka H0 ditolak Ha diterima, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) antara motivasi dan hasil belajar siswa dengan analisis uji manova diperoleh nilai sig 0,002 < 0,05, maka H0 ditolak Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Biologi > Manusia Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183168 NANDA PUTRI WAHYUNI |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 06:54 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 06:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28163 |
Actions (login required)
View Item |