PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA EVALUASI QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA KELAS VIII DI MTsN 4 TULUNGAGUNG

NANDA PUTRI WAHYUNI, 12208183168 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA EVALUASI QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA KELAS VIII DI MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa merasa bosan dan kurang termotivasi. Selain itu ditemukan bahwa evaluasi pembelajaran masih sebatas paper dan pencil baik dari pembelajaran online maupun offline. Sehingga hasil belajar kurang maksimal. Peneliti mengatasi permasalahan tersebut menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan media evaluasi quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media evaluasi quizizz terhadap motivasi siswa pada materi sistem pernafasan manusia kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media evaluasi quizizz terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernafasan manusia kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media evaluasi quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernafasan manusia kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment design, desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonequivalent Pretest Postest Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN 4 Tulungagung. Sampel yang digunakan 2 kelas yakni VIII A sebagai kelas eksperiment dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah purposive sampling dengan kriteria tertentu. Teknik analisis data yang digunakan uji hipotesis adalah uji t dan uji Manova. Hasil peneliti diketahui (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Problem Based Learning (PBL) berbantuan media evaluasi quizizz terhadap motivasi siswa yang ditunjukkan dengan analisis uji-t diperoleh nilai sig (2 tailed) 0,008 < 0,05, maka H0 ditolak Ha diterima, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media evaluasi quizizz terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan analisis uji-t diperoleh nilai sig (2 tailed) 0,007 < 0,05, maka H0 ditolak Ha diterima, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) antara motivasi dan hasil belajar siswa dengan analisis uji manova diperoleh nilai sig 0,002 < 0,05, maka H0 ditolak Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Biologi > Manusia
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183168 NANDA PUTRI WAHYUNI
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:54
Last Modified: 25 Jul 2022 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28163

Actions (login required)

View Item View Item