NUNUK DEMES HERMIATI, 12205183043 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI HIDAYATUL MUBTADI’IN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (712kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (335kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung khususnya pada kelas IV yang terjadi penurunan ketika proses pembelajaran tatap muka terbatas yang hanya dilakukan secara offline. Peneliti bereksperimen menerapkan model pembelajaran Blended Learning atau juga bias disebut pembelajaran bauran yakni pembelajaran campuran tatap muka dan pembelajaran secara online dengan bantuan media WhatsApp untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung. 3) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitianDengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment (eksperimen semu). Penelitian ini menggunakan desain penelitian posttest only control group.dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan B MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung. Sampel penelitian ini kelas eksperimen yaitu kelas IV-A yang terdiri dari 18 siswa akan diajarkan dengan model pembelajaran blended learning dan kelas kontrol yaitu kelas IV-B yang terdiri dari 18 siswa akan diajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan materi yang sama yakni Pecahan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes Post Test dan Angket, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Independen T-Test berbantuan software SPSS 22. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung. 3) Besar pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183043 NUNUK DEMES HERMIATI |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 07:50 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 07:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28166 |
Actions (login required)
View Item |