PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI HIDAYATUL MUBTADI’IN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NUNUK DEMES HERMIATI, 12205183043 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI HIDAYATUL MUBTADI’IN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung khususnya pada kelas IV yang terjadi penurunan ketika proses pembelajaran tatap muka terbatas yang hanya dilakukan secara offline. Peneliti bereksperimen menerapkan model pembelajaran Blended Learning atau juga bias disebut pembelajaran bauran yakni pembelajaran campuran tatap muka dan pembelajaran secara online dengan bantuan media WhatsApp untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung. 3) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitianDengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment (eksperimen semu). Penelitian ini menggunakan desain penelitian posttest only control group.dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan B MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung. Sampel penelitian ini kelas eksperimen yaitu kelas IV-A yang terdiri dari 18 siswa akan diajarkan dengan model pembelajaran blended learning dan kelas kontrol yaitu kelas IV-B yang terdiri dari 18 siswa akan diajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan materi yang sama yakni Pecahan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes Post Test dan Angket, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Independen T-Test berbantuan software SPSS 22. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung. 3) Besar pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183043 NUNUK DEMES HERMIATI
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:50
Last Modified: 22 Jul 2022 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28166

Actions (login required)

View Item View Item