PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI (SELF CONFIDENCE) DAN MINAT BELAJAR SISWA DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU

HENY WAQINAKA JAUHAROTIN, 12205183002 (2022) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI (SELF CONFIDENCE) DAN MINAT BELAJAR SISWA DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (954kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)

Abstract

Indonesia saat ini mempunyai permasalahan dalam dunia pendidikan yaitu tentang bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan yang saat ini dikaitkan dengan tinggi rendahnya minat belajar siswa. Pemerintah dan lembaga pendidikan telah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kualitas belajar yang maksimal. Dengan pemilihan suatu metode berbasis masalah (Problem solving) digunakan dalam pembelajaran yang membutuhkan jawaban atau pemecahan masalah. Kemampuan memecahkan masalah dapat dijadikan rangsangan percaya diri siswa dalam memperjuangkan apa yang diyakini. Percaya diri merupakan hal utama yang harus dimiliki siswa dalam belajar. Sehingga mereka dapat memandang dirinya positif dan mampu mengungkapkan pendapatnya saat proses belajar mengajar. Fokus penelitian; (1)Bagaimana Desain penerapan metode problem solving dalam meningkatkan rasa percaya diri (self confidence) dan minat belajar. (2) Bagaimana Pendekatan metode problem solving dalam meningkatkan rasa percaya diri (self confidence) dan minat belajar. (3) bagaimana teknik penerapan metode problem solving dalam meningkatkan rasa percaya diri (self confidence) dan minat belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitiannya adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara Observasi, wawancara, dokumentasi. Penulis menganalisis data menggunakan reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Peneliti mengecek keabsahan data dengan cara triangulasi data, perpanjang keabsahan temuan data dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) desain penerapan metode problem solving dalam meningkatkan rasa percaya diri (self confidence) dan minat belajar yaitu silabus, RPP, media pembelajaran. (2) pendekatan yang diguakan oleH guru adalah pendekatan saintifik. Dimana pendekatan ini berpusat pada siswa. (3) teknik yang digunakan guru dalam menerapkan metode problem solving adalah teknik diskusi, teknik discovery dan teknik penugasan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183002 HENY WAQINAKA JAUHAROTIN
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:15
Last Modified: 06 Mar 2023 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28171

Actions (login required)

View Item View Item