HENY WAQINAKA JAUHAROTIN, 12205183002 (2022) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI (SELF CONFIDENCE) DAN MINAT BELAJAR SISWA DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (988kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (589kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (954kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
Abstract
Indonesia saat ini mempunyai permasalahan dalam dunia pendidikan yaitu tentang bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan yang saat ini dikaitkan dengan tinggi rendahnya minat belajar siswa. Pemerintah dan lembaga pendidikan telah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kualitas belajar yang maksimal. Dengan pemilihan suatu metode berbasis masalah (Problem solving) digunakan dalam pembelajaran yang membutuhkan jawaban atau pemecahan masalah. Kemampuan memecahkan masalah dapat dijadikan rangsangan percaya diri siswa dalam memperjuangkan apa yang diyakini. Percaya diri merupakan hal utama yang harus dimiliki siswa dalam belajar. Sehingga mereka dapat memandang dirinya positif dan mampu mengungkapkan pendapatnya saat proses belajar mengajar. Fokus penelitian; (1)Bagaimana Desain penerapan metode problem solving dalam meningkatkan rasa percaya diri (self confidence) dan minat belajar. (2) Bagaimana Pendekatan metode problem solving dalam meningkatkan rasa percaya diri (self confidence) dan minat belajar. (3) bagaimana teknik penerapan metode problem solving dalam meningkatkan rasa percaya diri (self confidence) dan minat belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitiannya adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara Observasi, wawancara, dokumentasi. Penulis menganalisis data menggunakan reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Peneliti mengecek keabsahan data dengan cara triangulasi data, perpanjang keabsahan temuan data dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) desain penerapan metode problem solving dalam meningkatkan rasa percaya diri (self confidence) dan minat belajar yaitu silabus, RPP, media pembelajaran. (2) pendekatan yang diguakan oleH guru adalah pendekatan saintifik. Dimana pendekatan ini berpusat pada siswa. (3) teknik yang digunakan guru dalam menerapkan metode problem solving adalah teknik diskusi, teknik discovery dan teknik penugasan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183002 HENY WAQINAKA JAUHAROTIN |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 02:15 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 03:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28171 |
Actions (login required)
View Item |