STRATEGI BANK PANIN DUBAI SYARIAH MALANG DALAM PENAGIHAN TERHADAP NASABAH TERLAMBAT MEMBAYAR DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM

LAYLATUL BADRIYAH, 12401183069 (2022) STRATEGI BANK PANIN DUBAI SYARIAH MALANG DALAM PENAGIHAN TERHADAP NASABAH TERLAMBAT MEMBAYAR DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (781kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Bank Panin Dubai Syariah Dalam Penagihan Terhadap Nasabah Terlambat Membayar Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam” ditulis oleh Laylatul Badriyah, NIM 12401183069, jurusan Perbankan Syariah, fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Moh. Rois Abin, M.Pd.I Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh maraknya bentuk penagihan yang tidak sesuai dengan prinsip kemausiaan pada nasabah terlambat membayar. Keadaan ini membutuhkan strategi dari perbankan, mengingat nasabah pembiayaan adalah mitra bisnis yang penting bagi perbankan dan melakukan penagihan sesuai dengan etika bisnis islam. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi penagihan melalui surat terhadap nasabah terlambat membayar angsuran berdasarkan etika bisnis islam?. 2) Bagaimana strategi penagihan melalui telepon terhadap nasabah terlambat membayar angsuran berdasarkan etika bisnis islam?. 3) Bagaimana strategi penagihan melalui kunjungan personal terhadap nasabah terlambat membayar angsuran berdasarkan etika bisnis islam?. 4) Bagaimana strategi penagihan melalui tindakan yuridis terhadap nasabah terlambat membayar angsuran berdasarkan etika bisnis islam? Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui penerapan strategi penagihan melalui surat terhadap nasabah terlambat membayar angsuran berdasarkan etika bisnis islam. 2) Untuk mengetahui penerapan strategi penagihan melalui telepon terhadap nasabah terlambat membayar angsuran berdasarkan etika bisnis islam. 3) Untuk mengetahui penerapan strategi penagihan melalui kunjungan personal terhadap nasabah terlambat membayar angsuran berdasarkan etika bisnis islam. 4) Untuk mengetahui penerapan strategi penagihan mealui tindakan yuridis terhadap nasabah terlambat membayar angsuran berdasarkan etika bisnis islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diambil dengan metode wawancara dengan pimpinan Bank, para karyawan dan nasabah Bank Panin Dubai Syariah Malang, observasi dan dokumentasi dilakukan di lingkungan serta di luar lingkungan Bank Panin Dubai Syariah Malang, selanjutnya data diolah kemudian dianalisis menggunakan model analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa Bank Panin Dubai Syariah Malang menghindari strategi penagihan melalui surat dan tindakan yuridis, dan menerapkan strategi penagihan melalui media telephone dan kunjungan personal dengan memberikan kebijakan berupa restrukturisasi, ujrah, dan pembatalan pembiayaan porsi haji dengan mengacu dasar etika bisnis islam yakni kesatuan, keseimbangan, kebebasan berkehendak, tanggung jawab dan kebenaran. Kata kunci: Penagihan, Terlambat membayar, Etika Bisnis Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Ekonomi > Bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401183069 Laylatul Badriyah
Date Deposited: 25 Jul 2022 08:02
Last Modified: 25 Jul 2022 08:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28185

Actions (login required)

View Item View Item