LAYLATUL BADRIYAH, 12401183069 (2022) STRATEGI BANK PANIN DUBAI SYARIAH MALANG DALAM PENAGIHAN TERHADAP NASABAH TERLAMBAT MEMBAYAR DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (285kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (239kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (781kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Bank Panin Dubai Syariah Dalam Penagihan Terhadap Nasabah Terlambat Membayar Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam” ditulis oleh Laylatul Badriyah, NIM 12401183069, jurusan Perbankan Syariah, fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Moh. Rois Abin, M.Pd.I Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh maraknya bentuk penagihan yang tidak sesuai dengan prinsip kemausiaan pada nasabah terlambat membayar. Keadaan ini membutuhkan strategi dari perbankan, mengingat nasabah pembiayaan adalah mitra bisnis yang penting bagi perbankan dan melakukan penagihan sesuai dengan etika bisnis islam. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi penagihan melalui surat terhadap nasabah terlambat membayar angsuran berdasarkan etika bisnis islam?. 2) Bagaimana strategi penagihan melalui telepon terhadap nasabah terlambat membayar angsuran berdasarkan etika bisnis islam?. 3) Bagaimana strategi penagihan melalui kunjungan personal terhadap nasabah terlambat membayar angsuran berdasarkan etika bisnis islam?. 4) Bagaimana strategi penagihan melalui tindakan yuridis terhadap nasabah terlambat membayar angsuran berdasarkan etika bisnis islam? Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui penerapan strategi penagihan melalui surat terhadap nasabah terlambat membayar angsuran berdasarkan etika bisnis islam. 2) Untuk mengetahui penerapan strategi penagihan melalui telepon terhadap nasabah terlambat membayar angsuran berdasarkan etika bisnis islam. 3) Untuk mengetahui penerapan strategi penagihan melalui kunjungan personal terhadap nasabah terlambat membayar angsuran berdasarkan etika bisnis islam. 4) Untuk mengetahui penerapan strategi penagihan mealui tindakan yuridis terhadap nasabah terlambat membayar angsuran berdasarkan etika bisnis islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diambil dengan metode wawancara dengan pimpinan Bank, para karyawan dan nasabah Bank Panin Dubai Syariah Malang, observasi dan dokumentasi dilakukan di lingkungan serta di luar lingkungan Bank Panin Dubai Syariah Malang, selanjutnya data diolah kemudian dianalisis menggunakan model analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa Bank Panin Dubai Syariah Malang menghindari strategi penagihan melalui surat dan tindakan yuridis, dan menerapkan strategi penagihan melalui media telephone dan kunjungan personal dengan memberikan kebijakan berupa restrukturisasi, ujrah, dan pembatalan pembiayaan porsi haji dengan mengacu dasar etika bisnis islam yakni kesatuan, keseimbangan, kebebasan berkehendak, tanggung jawab dan kebenaran. Kata kunci: Penagihan, Terlambat membayar, Etika Bisnis Islam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bank Syariah Ekonomi > Bisnis Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 12401183069 Laylatul Badriyah |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 08:02 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 08:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28185 |
Actions (login required)
View Item |