PENGARUH MEDIA GOOGLE CLASSROOM BERBANTUAN WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR METEMATIKA SISWA KELAS VII DI MTS MIFTAHUL HUDA NGRECO KANDAT KEDIRI

SAYIDA AMALIA, 12204183174 (2022) PENGARUH MEDIA GOOGLE CLASSROOM BERBANTUAN WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR METEMATIKA SISWA KELAS VII DI MTS MIFTAHUL HUDA NGRECO KANDAT KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Media Google Classroom Berbantuan Whatsapp terhadap Hasil Belajar Metematika Siswa Kelas VII di MTs Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri” ini ditulis oleh Sayida Amalia, NIM 12204183174, Program Studi Tadris Matematika (TMT), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata kunci: Media Pembelajaran Google Classroom berbantuan Whatsapp, Hasil Belajar Matematika. Ada berbagai macam komponen penunjang pembelajaran di kelas salah satu yang memiliki peran penting adalah media pembelajaran. Seiring berkembangnya zaman banyak bermunculan media pembelajaran berbasis e-learning salah satunya yaitu Google Classroom dan Whatsapp. Memiliki banyak vitur yang menarik dan mudah gunakan membuat Google Classroom dan Whatsapp banyak diminati dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini akan menerapkan media pembelajaran Google Classroom berbantuan Whatsapp pada pembelajaran matematika dengan harapan mampu meningkatkan hasil belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Google Classroom berbantuan Whatsapp terhadap hasil belajar metematika siswa kelas VII di MTs Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri, dan (2) Untuk mengetahui besar pengaruh media pembelajaran Google Classroom berbantuan Whatsapp terhadap hasil belajar metematika siswa kelas VII di MTs Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Teknik sampling yang digunkan yaitu random sampling. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri sebanyak 120 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas ekperimen sebanyak 42 siswa. Metode pengambilan data melalui tes hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 26.0. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media Google Classroom berbantuan Whatsapp terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri, dan (2) Besar pengaruh yaitu 1,04 atau dengan presentase 97,1% artinya berdasarkan tabel interpretasi nilai cohen’s penggunaan media Google Classroom berbantuan Whatsapp terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri memiliki efek besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sayida Amalia
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:26
Last Modified: 08 Aug 2022 07:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28190

Actions (login required)

View Item View Item