PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (Studi Kasus pada Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Podorejo Sumbergempol Tulungagung)

ARTIKA SUKMA AINURROFIQ, 12205183033 (2022) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (Studi Kasus pada Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Podorejo Sumbergempol Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Tematik Muatan Ilmu Pengetahuan Alam (Studi Kasus pada Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Podorejo Sumbergempol Tulungagung)” ditulis oleh Artika Sukma Ainurrofiq NIM. 12205183015, pembimbing Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M. Pd. I. Kata Kunci: Pemanfaatan lingkungan, sumber belajar, IPA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran di kelas yang cenderung monoton sehingga memerlukan variasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satunya dapat menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar siswa. Lingkungan sekitar menyuguhkan hal-hal konkret yang mana membuat pembelajaran akan mengutamakan pengalaman langsung siswa. Khususnya pada pembelajaran IPA, memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar membuat pengetahuan siswa menjadi bermakna. Dengan ini diharapkan juga meningkatkan prestasi belajar siswa. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana program pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar untuk meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran tematik muatan IPA pada siswa kelas 5 MI Podorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana proses pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar untuk meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran tematik muatan IPA pada siswa kelas 5 MI Podorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi dalam pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar untuk meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran tematik muatan IPA pada siswa kelas 5 MI Podorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan program pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar untuk meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran tematik muatan IPA pada siswa kelas 5 MI Podorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung (2) Mendeskripsikan proses pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar untuk meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran tematik muatan IPA pada siswa kelas 5 MI Podorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. (3) Mendeskripsikan evaluasi pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar untuk meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran tematik muatan IPA pada siswa kelas 5 MI Podorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data Miles dan Huberman berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan kredibilitas transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Program pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dilaksanakan sesuai materi pembelajaran tematik dengan mengacu pada RPP. Fasiltas yang diperlukan adalah xviii lingkungan sekitar siswa, (2) Bentuk pelaksanaan program pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar seperti pembelajaran tematik pada, dimulai dengan pembukaan, inti, dan evaluasi dengan memanfaatkan lingkungan sekolah dan rumah siswa, (3) Evaluasi program dilaksanakan dengan evalusi persiapan, pelaksanaan, dan hasil pelaksanaan. Hal-hal yang perlu dibenahi adalah membangun kerjasama yang baik dengan wali murid dan meningkatkan kreativitas guru dengan mengadakan pelatihan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Sumber Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183033 ARTIKA SUKMA AINURROFIQ
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:59
Last Modified: 22 Jul 2022 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28247

Actions (login required)

View Item View Item