STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK AKHLAK TERPUJI SISWA SDN 1 PALANGAN KARANGBINANGUN LAMONGAN

NUJIONO ADI SAPUTRO, 12201183005 (2022) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK AKHLAK TERPUJI SISWA SDN 1 PALANGAN KARANGBINANGUN LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Membentuk Akhlak Terpuji Siswa SDN 1 Palangan Karangbinangun Lamongan”. Ini ditulis oleh Nujiono Adi Saputro, NIM. 12201183005, Pembimbing Suwanto. M.S.I. Kata kunci: Strategi Guru, Pembentukan, Akhlak Terpuji Konteks penelitian ini didasari oleh pentingnya ketepatan penerapan strategi guru dalam membentuk akhlak terpuji, agar tingkat kesopanan siswa sampai pada tahap kehidupan dimasyarakat, pengetahuan agama dan praktik agama. Oleh karena itu guru dituntut menerapkan strategi yang tepat untuk digunakan, sehingga akan mencapai hasil yang diharapkan. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan guru dalam membentuk akhlak terpuji siswa?, (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam membentuk akhlak terpuji siswa?, (3) Bagimana evaluasi membentuk akhlak terpuji siswa?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan perencanaan membentuk akhlak terpuji siswa, (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan membentuk akhlak terpuji siswa, (3) untuk mendeskripsikan evaluasi membentuk akhlak terpuji siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Milles dan Hubarman berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi didik sebelum dimulai data, perpanjang pengamatan, dan ketekunan/keajegan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan program guru membentuk akhlak terpuji siswa. (a) perencanaan program di dalam kelas dengan menyusun RPP, (b) perencanaan program di luar kelas dengan menyusun jadwal kegiatan ekstrakulikuler, dan kegiatan insidental, (2) Pelaksanaan program guru dalam membentuk akhlak terpuji siswa, dengan bersikap jujur (a) pelaksanaan program di dalam kelas melalui metode ceramah, metode drill, didukung dengan pemanfaatan media audio visual dan media cetak. Yang bertujuan untuk meningkatkan keperibadian siswa yang baik, tekun melaksanakan ibadah serta peserta didik yang berakhlakul karimah. Diimbangi dengan kompetensi yang dimiliki oleh guru. Dari segi peserta pembelajaran harus siap secara fisik maupun psikisnya. (b) pelaksanaan program di luar kelas dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler berupa program- program yang diberikan oleh guru. Selanjutnya yang mendasari pembentukan akhlak terpuji siswa ini yaitu penegakkan tata tertib sekolah yang berlaku. (3) evaluasi guru dalam membentuk akhlak terpuji (a)evaluasi program di dalam kelas melalui evaluasi formatif dan sumatif. (b) evaluasi program di luar kelas dengan melakukan evaluasi keberhasilan pencapaian setiap kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan insidental.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183005 Nujiono Adi Saputro
Date Deposited: 29 Aug 2023 13:39
Last Modified: 29 Aug 2023 13:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28257

Actions (login required)

View Item View Item