NUJIONO ADI SAPUTRO, 12201183005 (2022) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK AKHLAK TERPUJI SISWA SDN 1 PALANGAN KARANGBINANGUN LAMONGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (330kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Membentuk Akhlak Terpuji Siswa SDN 1 Palangan Karangbinangun Lamongan”. Ini ditulis oleh Nujiono Adi Saputro, NIM. 12201183005, Pembimbing Suwanto. M.S.I. Kata kunci: Strategi Guru, Pembentukan, Akhlak Terpuji Konteks penelitian ini didasari oleh pentingnya ketepatan penerapan strategi guru dalam membentuk akhlak terpuji, agar tingkat kesopanan siswa sampai pada tahap kehidupan dimasyarakat, pengetahuan agama dan praktik agama. Oleh karena itu guru dituntut menerapkan strategi yang tepat untuk digunakan, sehingga akan mencapai hasil yang diharapkan. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan guru dalam membentuk akhlak terpuji siswa?, (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam membentuk akhlak terpuji siswa?, (3) Bagimana evaluasi membentuk akhlak terpuji siswa?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan perencanaan membentuk akhlak terpuji siswa, (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan membentuk akhlak terpuji siswa, (3) untuk mendeskripsikan evaluasi membentuk akhlak terpuji siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Milles dan Hubarman berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi didik sebelum dimulai data, perpanjang pengamatan, dan ketekunan/keajegan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan program guru membentuk akhlak terpuji siswa. (a) perencanaan program di dalam kelas dengan menyusun RPP, (b) perencanaan program di luar kelas dengan menyusun jadwal kegiatan ekstrakulikuler, dan kegiatan insidental, (2) Pelaksanaan program guru dalam membentuk akhlak terpuji siswa, dengan bersikap jujur (a) pelaksanaan program di dalam kelas melalui metode ceramah, metode drill, didukung dengan pemanfaatan media audio visual dan media cetak. Yang bertujuan untuk meningkatkan keperibadian siswa yang baik, tekun melaksanakan ibadah serta peserta didik yang berakhlakul karimah. Diimbangi dengan kompetensi yang dimiliki oleh guru. Dari segi peserta pembelajaran harus siap secara fisik maupun psikisnya. (b) pelaksanaan program di luar kelas dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler berupa program- program yang diberikan oleh guru. Selanjutnya yang mendasari pembentukan akhlak terpuji siswa ini yaitu penegakkan tata tertib sekolah yang berlaku. (3) evaluasi guru dalam membentuk akhlak terpuji (a)evaluasi program di dalam kelas melalui evaluasi formatif dan sumatif. (b) evaluasi program di luar kelas dengan melakukan evaluasi keberhasilan pencapaian setiap kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan insidental.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183005 Nujiono Adi Saputro |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 13:39 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 13:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28257 |
Actions (login required)
View Item |