PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA MATA PELAJARAN SKI KELAS X IPA MA-MA’ARIF UDANAWU BLITAR

UMI SOLIKAH, 12201183026 (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA MATA PELAJARAN SKI KELAS X IPA MA-MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (314kB)

Abstract

ABSTRAK Umi Solikah (12201183026). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas X IPA Ma-Ma’arif Udanawu Blitar. Skripsi, Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Annas Ribab Sibilana, M.Pd.I. Kata Kunci: model problem based learning, motivasi belajar, kemampuan berpikir analitis. Pembelajaran SKI dengan cara konvensional masih menempatkan guru sebagai pusat belajar.Siswa kurang mendapat kesempatan mengembangkan kemampuan karena aktivitas belajar yang terbatas.Dalam hal ini siswa perlu diberikan model pembelajaran yang mampu mendorong siswa belajar dan melatih kemampuan seperti berpikir analitis.Model problem based learning(PBL) digunakan untuk menumbuhkan motivasi belajar dan mengembangkan kemampuan berpikir analitis siswa.Pada pembelajaran dengan model PBL siswa dihadapkan pada situasi masalah nyata yang akan memotivasi siswa dan melatih kemampuan berpikir analitis dalam memecahkan masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Adakah Pengaruh model problem based learning terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran SKI Kelas X IPA MA-Ma’arif Udanawu Blitar? (2) Adakah pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir analitis siswa mata pelajaran SKI Kelas X IPA MA-Ma’arif Udanawu Blitar? (3) Adakah pengaruh model problem based learning terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir analitis siswa mata pelajaran SKI Kelas X IPA MA-Ma’arif Udanawu Blitar?. Metode pada penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian post test only control group design. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu kelas kontrol X IPA 3 dan kelas eksperimen X IPA 5. Sampel diperoleh dengan teknik probability sampling jenis simple random sampling. Kelas eksperimen diberi perlakuan model PBL,sedangkan kelas kontrol tidak diberi perlakuan atau konvensional. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik parametris dengan menggunakan uji t-test dan uji manova. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) Ada pengaruh model PBL terhadap motivasi belajar siswa.Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata motivasi belajar kelas X IPA 5 lebih tinggi 75,76 dibandingkan X IPA 3 yaitu 71,63.Bukti lain adalah hasil Uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,002 atau ≤ 0,05. (2) Ada pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir analitis siswa.Dibuktikan dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IPA 5 lebih besar yaitu 78,37 sedangkan kelas X IPA 3 yaitu 71,85.Bukti lainya adalah hasil Uji-t yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,003 ≤ 0,05. (3) Ada pengaruh model PBL terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir analitis siswa.Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji manova dengan signifikansi 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Model problem based learning terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir analitis siswa mata pelajaran SKI kelas X IPA MA-Ma’arif Udanawu Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa 12201183026 UMI SOLIKAH
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:37
Last Modified: 26 Jul 2022 02:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28286

Actions (login required)

View Item View Item