PENGARUH BUDAYA TERTIB DAN MOTIVASI PENDIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XII DI MA SUNAN KALIJOGO KEDIRI

NUR KOFIFAH DWI AGUSTINA, 12201183080 (2022) PENGARUH BUDAYA TERTIB DAN MOTIVASI PENDIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XII DI MA SUNAN KALIJOGO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (377kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Budaya Tertib dan Motivasi Pendidik terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XII di MA Sunan Kalijogo Kediri” ini ditulis oleh Nur Kofifah Dwi Agustina, NIM. 12201183080, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing, Prof. Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. NIP. 196912061999031003 Kata Kunci: Budaya Tertib, Motivasi Pendidik, Prestasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya budaya tertib dan motivasi pendidik. Diketahui budaya tertib dan motivasi dari seorang guru dua faktor yang saling berpengaruh terhadap peningkatan pestasi belajar di sekolah. Dalam lembaga pendidikan hal tersebut merupakan salah satu ciri bahwa proses pendidikan tercapai apabila peserta didik mampu mencapai prestasi belajar yang optimal. Salah satu prestasi belajar yang dicapai adalah pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana deskripsi budaya tertib, motivasi pendidik, dan prestasi belajar di MA Sunan Kalijogo Kediri? 2) Adakah pengaruh budaya tertib terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XII di MA Sunan Kalijogo Kediri? 3) Adakah pengaruh motivasi pendidik terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XII di MA Sunan Kalijogo Kediri? 4) Adakah pengaruh budaya tertib, dan motivasi pendidik terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XII di MA Sunan Kalijogo Kediri?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk medeskripsikan budaya tertib, motivasi pendidik, dan prestasi belajar di MA Sunan Kalijogo Kediri 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh budaya tertib terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XII di MA Sunan Kalijogo Kediri 3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh motivasi pendidik terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XII di MA Sunan Kalijogo Kediri 4) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh budaya tertib dan motivasi pendidik terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas XII di MA Sunan Kalijogo Kediri. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah sebagai sumber informasi dan bahan pembinaan untuk meningkatkan mutu pengajaran bagi para pendidik terkait pengaruh budaya tertib dan motivasi pendidik terhadap prestasi belajar. Bagi guru menjadi bahan pertimbangan dalam meningkatkan prestasi belajar, budaya tertib dan motivasi pada mata pelajaran akidah akhlak. Bagi peserta didik sebagai patokan tolak ukur prestasi belajar sehingga bisa melihat hasil yang diraihnya serta dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar yang lebih baik. Bagi peneliti yang akan datang menjadi bahan pertimbangan dan sumber di masa mendatang, serta bisa menjadi wawasan tambahan terhadap penelitian berikutnya yang ada relevansi terhadap penelitian ini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasi (correlational studies). Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket penulis gunakan untuk memperoleh data tentang budaya x tertib dan motivasi pendidik, sedangkan dokumentasi penulis gunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar Akidah Akhlak. Tekhnik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan koefisien korelasi, regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya tertib tergolong sedang terlihat pada perhitungan angket sebesar 37% sedang, motivasi pendidik tergolong sedang dengan hasil perhitungan angket sebesar 38% sedang dan prestasi belajar tergolong sedang dengan hasil 38% sedang. Terdapat pengaruh budaya tertib terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak dilihat dari hasil sig. 0,00 < 0,05 dan koefisien determinasi sebesar 35%. Terdapat pengaruh motivasi pendidik terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak dilihat dari hasil sig. 0,00 < 0,05 dan koefisien determinasi sebesar 30%. Hasil uji korelasi sebesar 0,634 menunjukkan hubungan yang kuat. Hasil uji regresi linier berganda dengan nilai sig. 0,001 (budaya tertib) dan 0,013 (motivasi pendidik) < 0,05, dan terdapat pengaruh sebesar 40,2%. Sehingga disimpulkan bahwa adanya pengaruh budaya tertib dan motivasi pendidik terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XII di MA Sunan Kalijogo Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd. 12201183080 Nur Kofifah Dwi Agustina
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:26
Last Modified: 01 Aug 2022 03:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28339

Actions (login required)

View Item View Item