PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VB MI AL WATHONIYAH TEGALREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

SOLIKHAH, MIFTAKHUS (2015) PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VB MI AL WATHONIYAH TEGALREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1-BAGIAN AWAL.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-BAB II.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
5-BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6-BAB V.pdf

Download (59kB)
[img]
Preview
Text
7-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VB MI Al Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Miftakhus Solikhah, NIM. 3217113067, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Luluk ‘Atirotu Zahroh, S.Ag. M.Pd. Kata Kunci: Metode Quantum Teaching, Hasil Belajar Siswa dan Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah (MI) selama ini masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional, di mana saat proses pembelajaran berlangsung gurulah yang cenderung lebih aktif dan siswa hanya pasif, sehingga siswa merasa cepat bosan. Akibatnya, hasil belajar siswa kurang baik. Berangkat dari permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan metode Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi hadits tentang ciri-ciri orang munafiq pada siswa kelas VB di MI Al Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode Quantum Teaching pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi hadits tentang ciri-ciri orang munafiq siswa kelas VB di MI Al Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode Quantum Teaching pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi hadits tentang ciri-ciri orang munafiq siswa kelas VB di MI Al Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan metode Quantum Teaching pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi hadits tentang ciri-ciri orang munafiq siswa kelas VB di MI Al Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa dengan menerapkan metode Quantum Teaching pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi hadits tentang ciri-ciri orang munafiq siswa kelas VB di MI Al Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VB MI Al Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM yaitu 75. Langkah-langkah penerapan Metode Quantum Teaching pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi hadits tentang ciri-ciri orang munafiq pada siswa kelas VB MI Al Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung yaitu: 1) guru menyampaikan tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa untuk belajar (tanamkan), 2) melakukan kegiatan permainan “hadits berantai” (alami), 3) mengartikan mufradat menggunakan media kartu dan terjemahannya (namai), 4) menunjukkan kemampuannya mengartikan mufradat dan menerjemahkan hadits tentang ciri-ciri orang munafiq (demonstrasi), 5) mengulangi hafalan, mengartikan mufradat dan terjemahan hadits tentang ciri-ciri orang munafiq (ulangi), 6) merayakan keberhasilan dalam menghafal, mengartikan mufradat dan terjemahan hadits tentang ciri-ciri orang munafiq (rayakan). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 67,61 (33,33%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 87,04 (85,71%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 19,43. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi hadits tentang ciri-ciri orang munafiq siswa kelas VB MI Al Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: MIFTAKHUS SOLIKHAH
Date Deposited: 01 Dec 2015 02:29
Last Modified: 01 Dec 2015 02:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2835

Actions (login required)

View Item View Item