ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB-B NEGERI TULUNGAGUNG TAHU PELAJARAN 2021/2022

MILLATA SABILLA ROSIDHA, 12204183221 (2022) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB-B NEGERI TULUNGAGUNG TAHU PELAJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Proses Pembelajaran Matematika Siswa Berkebutuhan Khusus Di SLB-B Negeri Tulungagung (Studi Penelitian Pada tingkat SMP Tunarungu SLB-B Negeri Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022)” ini ditulis oleh Millata Sabilla Rosidha, NIM. 12204183221, Pembimbing Dr. Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Proses Pembelajaran Matematika, Siswa Berkebutuhan Khusus, Tunarungu Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang memiliki kesulitan dalam menyampaikan materi matematika untuk siswa tunarungu. Hal ini dikarenakan siswa tunarungu lebih membutuhkan pendidikan dan pelayanan khusus dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hal tersebut, guru dituntut untuk berkreasi mengembangkan metode dan media pembelajaran selama proses pembelajaran. Proses pembelajaran adalah kegiatan yang di dalamnya terdapat interaksi antara guru dan siswa yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang proses pembelajaran matematika siswa berkebutuhan khusus yang meliputi: 1) pelaksanaan pembelajaran matematika, 2) metode pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi kepada siswa, 3) alat atau media pembelajaran yang dimanfaatkan dalam menunjang pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini guru SLB-B Negeri Tulungagung yang berjumlah 3 guru yaitu guru kelas VII, VIII, dan IX. Teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini: 1) Pelaksanaan proses pembelajaran matematika siswa berkebutuhan khusus di kelas SLB-B Negeri Tulungagung guru menyusun RPP Tematik dan silabus, guru menyampaikan materi dengan gerak bibir dan mimik wajah yang jelas dan bantuan bahasa isyarat, pelaksanaan pembelajaran matematika sesuai dengan RPP. 2) Metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika siswa berkebutuhan khusus di kelas SLB-B Negeri Tulungagung guru menggunakan metode penugasan dan ceramah yang diselingi dengan praktek memperagakan. 3) Alat atau media yang dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran matematika siswa berkebutuhan khusus di kelas SLB-B Negeri Tulungagung guru menggunakan media pembelajaran berupa benda kongkrit dan gambar atau foto serta buku tematik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > ABK
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183221 MILLATA SABILLA ROSIDHA
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:09
Last Modified: 27 Jul 2022 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28366

Actions (login required)

View Item View Item