MILLATA SABILLA ROSIDHA, 12204183221 (2022) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB-B NEGERI TULUNGAGUNG TAHU PELAJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (666kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (118kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (963kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (35kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Proses Pembelajaran Matematika Siswa Berkebutuhan Khusus Di SLB-B Negeri Tulungagung (Studi Penelitian Pada tingkat SMP Tunarungu SLB-B Negeri Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022)” ini ditulis oleh Millata Sabilla Rosidha, NIM. 12204183221, Pembimbing Dr. Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Proses Pembelajaran Matematika, Siswa Berkebutuhan Khusus, Tunarungu Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang memiliki kesulitan dalam menyampaikan materi matematika untuk siswa tunarungu. Hal ini dikarenakan siswa tunarungu lebih membutuhkan pendidikan dan pelayanan khusus dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hal tersebut, guru dituntut untuk berkreasi mengembangkan metode dan media pembelajaran selama proses pembelajaran. Proses pembelajaran adalah kegiatan yang di dalamnya terdapat interaksi antara guru dan siswa yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang proses pembelajaran matematika siswa berkebutuhan khusus yang meliputi: 1) pelaksanaan pembelajaran matematika, 2) metode pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi kepada siswa, 3) alat atau media pembelajaran yang dimanfaatkan dalam menunjang pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini guru SLB-B Negeri Tulungagung yang berjumlah 3 guru yaitu guru kelas VII, VIII, dan IX. Teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini: 1) Pelaksanaan proses pembelajaran matematika siswa berkebutuhan khusus di kelas SLB-B Negeri Tulungagung guru menyusun RPP Tematik dan silabus, guru menyampaikan materi dengan gerak bibir dan mimik wajah yang jelas dan bantuan bahasa isyarat, pelaksanaan pembelajaran matematika sesuai dengan RPP. 2) Metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika siswa berkebutuhan khusus di kelas SLB-B Negeri Tulungagung guru menggunakan metode penugasan dan ceramah yang diselingi dengan praktek memperagakan. 3) Alat atau media yang dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran matematika siswa berkebutuhan khusus di kelas SLB-B Negeri Tulungagung guru menggunakan media pembelajaran berupa benda kongkrit dan gambar atau foto serta buku tematik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > ABK Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183221 MILLATA SABILLA ROSIDHA |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 03:09 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 03:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28366 |
Actions (login required)
View Item |