PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENGOPTIMALKAN KINERJA GURU DI MAN 3 BLITAR

ARIN NABILA FIKRI, 12207183114 (2022) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENGOPTIMALKAN KINERJA GURU DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (841kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator dalam Mengoptimalkan Kinerja Guru di MAN 3 Blitar, ini ditulis oleh Arin Nabila Fikri, NIM 12207183114. Jurusan Manajemen Pendiidkan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag, M.Pd, NIP. 19760518 200701 2 021. Kata Kunci: Kepala Madrasah, Motivator, dan Kinerja Guru Salah satu keberhasilan pendidikan di sebuah Madrasah adalah ditentukan dengan peran Kepala Madrasah. Peran Kepala Madrasah sebagai motivator harus dijalankan dengan baik, karena semua itu akan dapat mempengaruhi kinerja guru. Yang mana dengan adanya kinerja guru yang lebih optimal maka akan dapat mencapai tujuan yang diinginkan sebuah Madrasah. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator dalam Menanamkan Sikap Disiplin Guru di MAN 3 Blitar? 2) Bagaimana Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator dalam Menumbuhkan Semangat Mengajar Guru di MAN 3 Blitar? 3) Bagaimana Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator dalam Membangun Suasana Kerja Guru yang Produktif di MAN 3 Blitar?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendreskripsikan bagaimana peran Kepala Madrasah sebagai motivator dalam menanamkan sikap disiplin guru di MAN 3 Blitar 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana peran Kepala Madrasah sebagai motivator dalam menumbuhkan semangat mengajar guru di MAN 3 Blitar 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana peran Kepala Madrasah sebagai motivator dalam membangun suasana kerja guru yang produktif di MAN 3 Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan pola interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data triangulasi, perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/ keajekan, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Dalam menanamkan sikap disiplin guru di MAN 3 Blitar Kepala Madrasah menjadi seorang pengarah yang mana Kepala Madrasah berusaha menjadi uswah yang baik untuk para guru, memberikan pembinaan-pembinaan tertentu, memberikan bimbingan dan juga arahan, adil dalam memberikan sanksi, saling mengingatkan, dan mengadakan evaluasi terkait dengan kedisiplinan. Kedua, dalam menumbuhkan semangat mengajar guru di MAN 3 Blitar Kepala MAN 3 Blitar menjadi seorang pendorong yang mana beliau mempunyai berbagai upaya yaitu dengan ketersediannya sarana prasarana, hak-hak guru diberikan tepat pada waktunya, memberikan reward atau penghargaan, dan berusaha dalam menjadikan lingkungan fisik yang nyaman. Ketiga, untuk membangun suasana kerja guru yang produktif, Kepala Madrasah berusaha menjadi seorang penggerak yang mana beliau selalu menciptakan iklim yang baik, bersih dan juga nyaman, menyamaratakan hak dan kewajiban para guru. Dan untuk mempererat tali silaturahim Kepala Madrasah mengadakan program anjangsana, Kepala Madrasah juga memberikan informasi yang jelas terkait dengan tujuan dari suatu program hal ini bertujuan untuk pengembangan profesi para guru, Kepala Madrasah juga melakukan komunikasi yang baik terhadap para guru, Kepala Madrasah mengadakan kegiatan keagaan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan pada awal bulan tertib dalam mengadakan rapat dan semua boleh mengutarakan pendapatnya masing-masing.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183114 ARIN NABILA FIKRI
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:18
Last Modified: 28 Jul 2022 02:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28427

Actions (login required)

View Item View Item