NURIYANI ROHMAH, 12208183152 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI MTS N 6 TULUNGAGUNG PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (948kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (213kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII di MTs N 6 Tulungagung Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia” ini ditulis oleh Nuriyani Rohmah, NIM. 12208183152, Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung dengan pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata kunci: Student Team Achievement Division (STAD), Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya komunikasi antar siswa yang disebabkan pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 berdampak pada kurangnya pengetahuan dan motivasi belajar pada peserta didik karena terdapat siswa yang mempunyai rasa canggung untuk meminta bantuan kepada teman yang lain dalam hal membangun konsep materi yang telah disampaikan oleh pendidik. Salah satu cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut segera setelah pembelajaran dilaksanakan sebagaimana mestinya yakni dengan memilih model pembelajaran yang tepat. Sebagai awal untuk membangun konsep belajar yang mudah dan menarik diawal pembelajaran secara langsung, pemilihan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) sangatlah cocok untuk diterapkan. Selain dapat membangun keakraban antar peserta didik dan hadiah yang diberikan diakhir pembelajaran dapat memotivasi untuk giat belajar, peserta didik juga dapat saling membantu untuk menemukan konsep materi yang disampaikan oleh pendidik. Dengan demikian akan terjadi peningkatan motivasi dan pengetahuan belajar peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas VIII di MTs N 6 Tulungagung pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII di MTs N 6 Tulungagung pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII di MTs N 6 Tulungagung pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimental. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTs N 6 Tulungagung, sedangkan untuk sampel yang diambil adalah peserta didik kelas VIII A dan B MTs N 6 Tulungagung. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T dan uji Manova, yang sebelumnya dilakukan beberapa uji prasyarat. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Hasil uji menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,044. Nilai tersebut < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas VIII di MTs N 6 Tulungagung pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia, (2) Hasil uji menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,030. Nilai tersebut < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII di MTs N 6 Tulungagung pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia, (3) Hasil uji Manova menunjukkan nilai signifikansi setiap uji sebesar 0,031. Nilai tersebut < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII di MTs N 6 Tulungagung pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183152 NURIYANI ROHMAH |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 02:37 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 02:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28449 |
Actions (login required)
View Item |