PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 3 DOKO PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

PRISTY CRISTINAWATI, 12204183098 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 3 DOKO PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 3 Doko pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar” yang ditulis oleh Pristy Cristinawati, NIM. 12204183098, pembimbing Bapak Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Blended Learning, Minat, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang tidak fokus ketika guru menjelaskan pelajaran, terdapat beberapa siswa yang melakukan aktifitas-aktifitas sendiri yang tidak berkaitan dengan pembelajaran misalnya seperti bermain game online, siswa cenderung tidak aktif atau tidak mau terlibat dalam pembelajaran, kurangnya kesadaran untuk mengumpulkan tugas. Dari permasalahan tersebut diperlukan adanya inovasi baru untuk mengatasi rendahnya minat belajar dan hasil belajar siswa terhadap pelajaran matematika yaitu menggunakan model pembelajaran blended learning dengan harapan siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran blended learning terhadap minat belajar siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran blended learning terhadap minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi experiment dengan desain post-test only control design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran blended learning, sedangkan yang menjadi variabel terikatnya adalah minat dan hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Doko yang berjumlah 90 siswa yang terbagi menjadi 3 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas VIIIB dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji analisis data pada penelitian ini adalah uji prasyarat dan uji hipotesis. Adapun uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis meliputi uji independent sample t-test dan uji MANOVA dengan bantuan SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran blended learning terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Doko pada materi bangun ruang sisi datar, dengan nilai signifikansi sebesar 0,019. 2) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Doko pada materi bangun ruang sisi datar, dengan nilai signifikansi sebesar 0,002. 3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran blended learning terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Doko pada materi bangun ruang sisi datar, dengan nilai signifikansi sebesar 0,005.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183098 PRISTY CRISTINAWATI
Date Deposited: 29 Jul 2022 06:54
Last Modified: 29 Jul 2022 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28458

Actions (login required)

View Item View Item