DESI SALSABILA RAHMADINA, 12205183187 (2022) STRATEGI GURU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (164kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (112kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya tanggung jawab guru untuk memenuhi kriteria sebagai pendidik dan juga membimbing peserta didik sampai mencapai keberhasilan. Tetapi dalam pembelajaran tematik tentunya guru harus lebih terampil dengan memberikan strategi dan metode. Strategi yang tepat merupakan salah satu faktor meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran tematik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana Guru Menyusun Materi Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari. (2) Bagaimana Guru Menyampaikan Materi. (3) Bagaimana Guru Memberikan Nilai Akhir. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Strategi Penyusunan Pembelajaran Guru untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik MI Roudlotul Ulum Jabalsari dalam Pembelajaran Tematik, Untuk mengetahui Strategi Penyampaian Pembelajaran Guru untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik MI Roudlotul Ulum Jabalsari dalam Pembelajaran Tematik, Untuk mengetahui Pemberian Nilai Akhir Guru untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik MI Roudlotul Ulum Jabalsari dalam Pembelajaran Tematik. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif,untuk mengkaji strategi guru untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran tematik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung. Dalam mengumpulkan data,penulis menggunakan metode observasi, Wawancara, dan dokumentasi.Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan data,sedangkan analisis data dilakukan dengan langkah- langkah pengumpulan data,reduksi data kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa Strategi Penyampaian Pembelajaran Guru sebagai berikut: memahami dan menguasai materi sebelum akan disampaikan kepada peserta didik, menyesuaikan metode dengan materi pembelajaran tematik penggunaan metode diskusi yang tepat dalam penyampaian materi. Strategi Penyusunan Pembelajaran Guru sebagai berikut: guru mempelajari materi di buku LKS pembelajaran tematik sebagai acuan penyusunan pembelajaran yang akan disamapaikan. Urutan materi pelajaran sudah tersedia di buku LKS yang diberikan oleh sekolah. Strategi Pengevaluasian Pembelajaran sebagai berikut: dalam pengevaluasian guru menggunakan 2 jenis penilaian yaitu penilaian teori dan penilaian praktek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Pembelajaran Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183187 DESI SALSABILA RAHMADINA |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 04:04 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 04:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28461 |
Actions (login required)
View Item |