LAILATUL MAHBUBAH, 12208183180 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA MAN DENANYAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (689kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (250kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) | Preview |
Abstract
Pengaruh Model Pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI) pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA MAN Denanyar. Ditulis oleh Lailatul mahbubah, NIM 12208183180, Pembimbing Ibu Dr. Eni Setyowati, S. Pd., MM. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Motivasi Belajar, Socio-Scientific Issues (SSI). Fenomena adanya asumsi negatif yang dimiliki siswa menegenai pelajaran Biologi. Hal ini memberikan pengaruh pada motivasi dan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bervariatif agar motivasi dan hasil belajar siswa semakin meningkat. Socio-Scientific Issues (SSI) adalah salah satu model pembelajaran dimana siswa dilatih mampu peka terhadap permasalahan lingkungan sekitar, memecahkan masalah, serta memberikan ide atau gagasan yang sesuai dengan permasalahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi pencemaran lingkungan terhadap motivasi belajar siswa kelas X MIA MAN Denanyar. (2) pengaruh model pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA MAN Denanyar. (3) pengaruh model pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi pencemaran lingkungan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MIA Denanyar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2022 di MAN Denanyar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen berupa Pretest-Posttest Control Group Design dengan teknik pengambilan sampling Cluster Group Desaign.Terdapat 5 kelas X MIA (n=150) siswa dan diambil 2 sampel yaitu kelas eksperimen (n = 31) dan kontrol (n = 29). Analisis data kedua kelas adalah Uji Mannova. Hasil penelitian menunjukan (1) ada pengaruh model pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi pencemaran lingkungan terhadap motivasi belajar siswa kelas X MIA MAN Denanyar. Berdasarkan hasil nilai signifikan 0,000 < 0,05; (2) Ada pengaruh model pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA MAN Denanyar. Berdasarkan hasil nilai signifikan0,001<0,05; (3) Ada pengaruh model pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi pencemaran lingkungan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MIA Denanyar. Berdasarkan hasil nilai signifikan 0,000<0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183180 LAILATUL MAHBUBAH |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 08:23 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 08:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28475 |
Actions (login required)
View Item |