PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA MAN DENANYAR

LAILATUL MAHBUBAH, 12208183180 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA MAN DENANYAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI) pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA MAN Denanyar. Ditulis oleh Lailatul mahbubah, NIM 12208183180, Pembimbing Ibu Dr. Eni Setyowati, S. Pd., MM. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Motivasi Belajar, Socio-Scientific Issues (SSI). Fenomena adanya asumsi negatif yang dimiliki siswa menegenai pelajaran Biologi. Hal ini memberikan pengaruh pada motivasi dan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bervariatif agar motivasi dan hasil belajar siswa semakin meningkat. Socio-Scientific Issues (SSI) adalah salah satu model pembelajaran dimana siswa dilatih mampu peka terhadap permasalahan lingkungan sekitar, memecahkan masalah, serta memberikan ide atau gagasan yang sesuai dengan permasalahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi pencemaran lingkungan terhadap motivasi belajar siswa kelas X MIA MAN Denanyar. (2) pengaruh model pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA MAN Denanyar. (3) pengaruh model pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi pencemaran lingkungan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MIA Denanyar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2022 di MAN Denanyar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen berupa Pretest-Posttest Control Group Design dengan teknik pengambilan sampling Cluster Group Desaign.Terdapat 5 kelas X MIA (n=150) siswa dan diambil 2 sampel yaitu kelas eksperimen (n = 31) dan kontrol (n = 29). Analisis data kedua kelas adalah Uji Mannova. Hasil penelitian menunjukan (1) ada pengaruh model pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi pencemaran lingkungan terhadap motivasi belajar siswa kelas X MIA MAN Denanyar. Berdasarkan hasil nilai signifikan 0,000 < 0,05; (2) Ada pengaruh model pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA MAN Denanyar. Berdasarkan hasil nilai signifikan0,001<0,05; (3) Ada pengaruh model pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi pencemaran lingkungan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MIA Denanyar. Berdasarkan hasil nilai signifikan 0,000<0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183180 LAILATUL MAHBUBAH
Date Deposited: 29 Jul 2022 08:23
Last Modified: 29 Jul 2022 08:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28475

Actions (login required)

View Item View Item