ANIK NURFAIDAH, 12204183006 (2022) KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (823kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (729kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (561kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Program Linear Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI MAN 3 Tulungagung”, ini ditulis oleh Anik Nurfaidah, NIM. 12204183006, Pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Adaptif, Menyelesaikan Masalah, Gaya Belajar, Program Linear. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang sering terjadi pada proses pembelajaran matematika yaitu siswa kurang mampu memahami konsep dari rangkaian cerita, mengaitkan antara konsep matematika yang satu dengan yang lain, serta belum mampu merumuskannya dengan pemikiran yang logis, sistematis dan kritis. Sehingga dikatakan kemampuan penalaran adaptif masih tergolong rendah. Kemampuan penalaran adaptif adalah kemampuan untuk berpikir logis tentang hubungan antar konsep dan situasi, kemampuan untuk menjelaskan dan kemampuan untuk memberikan pembenaran. Semakin tinggi kemampuan penalaran adaptif siswa maka semakin luas pengetahuan matematika yang dimiliki peserta didik. Salah satu hal yang mempengaruhi tingkat kemampuan penalaran adaptif siswa adalah gaya belajar. Setiap siswa tentunya memiliki gaya belajar yang berbeda. Gaya belajar yang berbeda mengakibatkan perbedaan tingkat berpikir logis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran adaptif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi program linear ditinjau dari gaya belajar visual siswa kelas XI MAN 3 Tulungagung, 2) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran adaptif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi program linear ditinjau dari gaya belajar auditorial siswa kelas XI MAN 3 Tulungagung, 3) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran adaptif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi program linear ditinjau dari gaya belajar kinestetik siswa kelas XI MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 24 siswa, dan yang dipilih 6 subjek yaitu 2 siswa dengan tipe gaya belajar visual, 2 siswa dengan tipe gaya belajar auditorial, dan 2 siswa dengan tipe gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, soal tes, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi teknik, dan pengecekan teman sejawat. Hasil dari penelitian ini: 1) Kemampuan penalaran adaptif siswa yang memiliki gaya belajar visual mampu memenuhi lima indikator kemampuan penalaran adaptif, yang meliputi menyusun dugaan, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran suatu pernyataan, menemukan pola dari suatu masalah matematika, menarik kesimpulan dari suatu pernyataan dan memeriksa kesahihan suatu argumen. 2) Kemampuan penalaran adaptif siswa yang memiliki gaya belajar auditorial mampu memenuhi empat indikator kemampuan penalaran adaptif, yang meliputi memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran suatu pernyataan, menemukan pola dari suatu masalah matematika, menarik kesimpulan dari suatu pernyataan dan mampu memeriksa kesahihan suatu argumen. 3) Kemampuan penalaran adaptif siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan penalaran adaptif, yang meliputi memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran suatu pernyataan dan menemukan pola dari suatu masalah matematika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183006 Anik Nurfaidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 07:50 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 07:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28501 |
Actions (login required)
View Item |