SEPTINA DWI FEDERIKA, 12204183303 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 2 NGANTRU PADA MATERI LINGKARAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (258kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (49kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 2 Ngantru pada Materi Lingkaran” ini ditulis oleh Septina Dwi Federika (12204183303), Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Self Efficacy, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap self efficacy dan hasil belajar matematika peserta didik. Kajian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kepercayaan diri/keyakinan diri peserta didik dalam belajar matematika, kurangnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, metode yang digunakan masih secara konvensional, kurangnya interaksi antara peserta didik dengan guru sehingga peserta didik hanya mendengarkan penjelasan dari guru, serta hasil belajar matematika peserta didik masih dinilai kurang memuaskan. Oleh karena itu proses pembelajaran memerlukan model pembelajaran yang berorientasi pada keterlibatan peserta didik secara aktif, menyenangkan, dan efektif. Dalam hal ini, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk melihat kaitannya dengan self efficacy dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Ngantru Tulungagung. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap self efficacy peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Ngantru pada materi lingkaran. (2) Untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Ngantru pada materi lingkaran. (3) Untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap self efficacy dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Ngantru pada materi lingkaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Ngantru dengan sampel kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur self efficacy peserta didik dan soal posttest untuk mengukur hasil belajar matematika peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat dengan uji homogenitas dan uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney, Uji Independent Sample T-test dan uji manova. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap self efficacy peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Ngantru pada materi lingkaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji Mann-Whitney yang menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Ngantru pada materi lingkaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji t-test yang menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap self efficacy dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Ngantru pada materi lingkaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji Manova yang menunjukkan bahwa nilai keempat p value atau sig. 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Matematika Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183303 Septina Dwi Federika |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 04:56 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 04:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28507 |
Actions (login required)
View Item |