PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 2 NGANTRU PADA MATERI LINGKARAN

SEPTINA DWI FEDERIKA, 12204183303 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 2 NGANTRU PADA MATERI LINGKARAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 2 Ngantru pada Materi Lingkaran” ini ditulis oleh Septina Dwi Federika (12204183303), Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Self Efficacy, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap self efficacy dan hasil belajar matematika peserta didik. Kajian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kepercayaan diri/keyakinan diri peserta didik dalam belajar matematika, kurangnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, metode yang digunakan masih secara konvensional, kurangnya interaksi antara peserta didik dengan guru sehingga peserta didik hanya mendengarkan penjelasan dari guru, serta hasil belajar matematika peserta didik masih dinilai kurang memuaskan. Oleh karena itu proses pembelajaran memerlukan model pembelajaran yang berorientasi pada keterlibatan peserta didik secara aktif, menyenangkan, dan efektif. Dalam hal ini, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk melihat kaitannya dengan self efficacy dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Ngantru Tulungagung. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap self efficacy peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Ngantru pada materi lingkaran. (2) Untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Ngantru pada materi lingkaran. (3) Untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap self efficacy dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Ngantru pada materi lingkaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Ngantru dengan sampel kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur self efficacy peserta didik dan soal posttest untuk mengukur hasil belajar matematika peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat dengan uji homogenitas dan uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney, Uji Independent Sample T-test dan uji manova. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap self efficacy peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Ngantru pada materi lingkaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji Mann-Whitney yang menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Ngantru pada materi lingkaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji t-test yang menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap self efficacy dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Ngantru pada materi lingkaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji Manova yang menunjukkan bahwa nilai keempat p value atau sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183303 Septina Dwi Federika
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:56
Last Modified: 15 Aug 2022 04:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28507

Actions (login required)

View Item View Item