PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS VII SMP NEGERI SRENGAT

SITI PUJI RAHAYU, 12204183077 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS VII SMP NEGERI SRENGAT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas VII SMP Negeri 1 Srengat” ini ditulis oleh Siti Puji Rahayu, NIM. 12204183077, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Video Pembelajaran Matematika, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan ide baru dengan pola berpikir lebih terbuka dan tidak fokus pada satu penyelesaian saja, serta menghasilkan suatu hal yang bermutu dan berkualitas. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa disebabkan oleh proses belajar mengajar tidak diimbangi dengan penggunaan media yang mendukung kegiatan pembelajaran. Permasalahan ini mengakibatkan kurangnya kemampuan berpikir kreatif siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Salah satu media pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar mengajar yaitu berupa video pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas VII SMPN 1 Srengat, (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa pada kelas VII SMPN 1 Srengat, (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada kelas VII SMPN 1 Srengat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Srengat dengan sampel siswa kelas VII D sebagai kelas kontrol (20 siswa) dan siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen (20 siswa). Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Data penelitian ini diambil dari nilai post-test, yang kemudian dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa (1) ada pengaruh penggunaan video pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas VII SMPN 1 Srengat, (2) ada pengaruh penggunaan video pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa pada kelas VII SMPN 1 Srengat, (3) ada pengaruh penggunaan video pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada kelas VII SMPN 1 Srengat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183077 Siti Puji Rahayu
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:41
Last Modified: 10 Aug 2022 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28510

Actions (login required)

View Item View Item