ANALISIS KETERAMPILAN GURU KELAS DALAM MENGADAKAN VARIASI DAN PENGELOLAAN KELAS PEMBELAJARAN TEMATIK MI TARBIYATUL UQUUL TULISKRIYO BLITAR

NISHFA LATHIFATUN NISA’, 17205163216 (2022) ANALISIS KETERAMPILAN GURU KELAS DALAM MENGADAKAN VARIASI DAN PENGELOLAAN KELAS PEMBELAJARAN TEMATIK MI TARBIYATUL UQUUL TULISKRIYO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nishfa Lathifatun Nisa’, NIM. 17205163216, “Analisis Keterampilan Guru Kelas dalam Mengadakan Variasi dan Pengelolaan Kelas Pembelajaran Tematik MI Tarbiyatul Uquul Tuliskriyo Blitar”. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Drs. H. Jani, M.M., M.Pd. Kata Kunci : Keterampilan guru, variasi pembelajaran, pengelolaan kelas, pembelajaran tematik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana peserta didik mengalami rasa bosan, jenuh dan mengalami penurunan semangat belajar dalam pembelajaran tematik. Untuk mengatasi rasa bosan, jenuh dan penurunan semangat belajar diperlukan variasi pembelajaran dan pengelolaan kelas dalam pembelajaran tematik. Dalam hal ini peneliti menganalisis keterampilan guru dalam mengadakan variasi dan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Uquul Tuliskriyo Blitar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik MI Tarbiyatul Uquul Tuliskriyo Blitar tahun ajaran 2019/2020? (2) Bagaimana keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik MI Tarbiyatul Uquul Tuliskriyo Blitar tahun ajaran 2019/2020? (3) Apa sajakah kendala yang dihadapi guru dalam mengadakan variasi pembelajaran dan mengelola kelas pada pembelajaran tematik MI Tarbiyatul Uquul Tuliskriyo Blitar tahun ajaran 2019/2020?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik MI Tarbiyatul Uquul Tuliskriyo Blitar tahun ajaran 2019/2020. (2) Mendeskrisikan keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik MI Tarbiyatul Uquul Tuliskriyo Blitar tahun ajaran 2019/2020. (3) Mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru dalam mengadakan variasi pembelajaran dan mengelola kelas pada pembelajaran tematik MI Tarbiyatul Uquul Tuliskriyo Blitar tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 3, guru kelas 4, dan guru kelas 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, paparan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru telah mampu mengadakan variasi pembelajaran, setiap guru memiliki cara tersendiri untuk dapat menarik perhatian peserta didik agar tetap fokus dengan materi pembelajaran diantaranya memberikan variasi dalam suara, memusatkan perhatian, membuat kesenyapan sejenak, variasi dalam penggunaan media dan alat peraga, serta variasi interaksi dengan peserta didik. (2) Pengelolaan kelas oleh guru secara umum sudah terlaksana dengan baik. Hal itu dapat dilihat dari pola-pola tempat duduk peserta didik dan mengkondisikan kelas. Pengaturan tempat duduk dilakukan dengan bervariasi, seperti bentuk tradisional, setengah lingkaran atau huruf U dan bentuk berkelompok. (3) Kendala atau hambatan yang dialami guru saat melaksanakan variasi pembelajaran diantaranya adalah karakter peserta didik yang berbeda, minat dan bakat peserta didik yang berbeda, peserta didik terlalu pasif, dan peserta didik yang tidak tenang didalam kelas selama proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan kendala atau hambatan saat mengadakan pengelolaan kelas adalah ruangan kelas yang dipakai bersama dan kondisi organisasional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163216 NISHFA LATHIFATUN NISA’
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:47
Last Modified: 01 Aug 2022 01:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28529

Actions (login required)

View Item View Item