PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM GERAK KELAS XI

FITRIA MILA SARI, 12208183043 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM GERAK KELAS XI. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (769kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas belajar yang dimiliki siswa belum memenuhi indikator aktivitas belajar seperti belum mampunya siswa melakukan diskusi dengan benar, siswa belum berani mengungkapkan pendapatnya sendiri, siswa belum mampu memecahkan masalah dalam proses pembelajaran, dan siswa belum mampu berperan aktif sehingga aktivitas belajar siswa belum terpenuhi dengan baik, hal ini berdampak pada hasil belajar siswa dalam aspek kognitif. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran Concept Attainment sebagai alternatif untuk masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran Concept Attainment terhadap aktivitas belajar Siswa pada mata pelajaran biologi materi sistem gerak kelas XI di MAN 4 Jombang, (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi materi sistem gerak kelas XI di MAN 4 Jombang, (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi materi sistem gerak kelas XI di MAN 4 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasy experiment dan rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control grub design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI MAN 4 Jombang dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI MIA-2 (model pembelajaran Concept Attainment) dan kelas XI MIA-3 (model pembelajaran konvensional). Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji n-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test, dan uji manova melalui bantuan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diketahui (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran biologi materi sistem gerak kelas XI di MAN 4 Jombang. hal ini ditunujukan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dari hasil uji hipotesis. (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi materi sistem gerak kelas XI di MAN 4 Jombang. hal ini ditunujukan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dari hasil uji hipotesis. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi materi sistem gerak kelas XI di MAN 4 Jombang. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotellings Trace dan Roy’s Largest Root adalah 0,000 < 0,05. Perolehan aktivitas dan hasil belajar yang meningkat menunjukan bahwa model pembelajaran Concept Attainment ini dapat dijadikan alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183043 FITRIA MILA SARI
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:11
Last Modified: 01 Aug 2022 03:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28573

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item