PENGARUH PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG

MOHAMMAD FATHAN, 17205163294 (2022) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (532kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Strategi Index Card Match terhadap Minat, dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran AL Qur’an Hadits di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung” ditulis oleh Mohammad Fathan, NIM. 17205163294, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing: Dita Hendriani, M.A. Kata kunci: Index Card Match, Minat Belajar, Hasil Belajar Terdapat sejumlah strategi pembelajaran yang mengharuskan guru untuk selektif dalam memilih yang tepat agar kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan minat siswa, dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits khususnya dalam pokok bahasan menghafalkan surat pendek dan hadits adalah strategi index card match. Strategi ini dilaksanakan dengan car membagikan kartu yang berisi kosa kata yang ada dalam Al-Qur’an atau Hadits pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Adakah pengaruh penerapan strategi Index Card Match terhadap minat belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Darul Huda Pojok? 2) Adakah pengaruh penerapan strategi Index Card Match terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Darul Huda Pojok? 3) Berapa Pengaruh Strategi Index Card Match terhadap Minat dan Hasil belajar sisiwa pada mata pelajaran Al-Qu’an Hadits di MI Darul Huda Pojok? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV dengan sampel sebanyak 38 siswa dari 2 kelas yaitu kelas IV-A yang berjumlah 18 siswa dan kelas IV-B berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan koefisien determinan, yang sebelumnya diuji validitas, reliabilitas instrument dan uji prasyarat yakni normalitas dan linearitas. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan didasarkan pada analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh penerapan strategi Index Card Match berpengaruh terhadap Minat Belajar siswa di MI Darul Huda Pojok. Berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa nilai sig antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 0,005 yang lebih kecil atau kurang dari 0,05. 2) Terdapat pengaruh Hasil Belajar siswa di MI Darul Huda Pojok. Berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa nilai sig antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 0,009 yang lebih kecil atau kurang dari 0,05. 3) Terdapat pengaruh penerapan strategi Index Card Match berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa di MI Darul Huda Pojok.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163294 MOHAMMAD FATHAN
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:58
Last Modified: 01 Aug 2022 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28583

Actions (login required)

View Item View Item