Pengaruh Penerapan Pembelajaran dengan Teori Gagne Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pokok Sudut Siswa Kelas VII SMPN 1 Boyolangu

Chandra, Wulandari (2014) Pengaruh Penerapan Pembelajaran dengan Teori Gagne Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pokok Sudut Siswa Kelas VII SMPN 1 Boyolangu. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
12. ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. BAB III.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. BAB IV..pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19. BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
20. Daftar Rujukan.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Teori Gagne, Hasil Belajar Matematika Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh hasil belajar yang kurang memuaskan pada mata pelajaran matematika. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurang tepatnya teori pembelajaran yang diterapkan. Fase-fase dalam tindakan belajar yang dikemukakan oleh Gagne dapat menjadi masukan bagi guru dalam membuat rencana pembelajaran di kelas yang efektif. Mengacu pada hal tersebut maka peneliti tertarik untuk mengkaji lebih jauh mengenai pengaruh pembelajaran dengan teori Gagne terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran dengan teori Gagne terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok sudut siswa kelas VII SMPN 1 Boyolangu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah kuasi eksperimen. Data tentang hasil belajar belajar matematika pada materi pokok sudut siswa kelas VII C dan VII D SMPN 1 Boyolangu sebagai sampel penelitian diperoleh melalui tes. Hasil hitung dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa bahwa nilai t empirik sebesar 3,7 lebih dari nilai t teoritik yaitu 1,998. Sedangkan analisis data melalui SPSS menunjukkan bahwa nilai t-tes sebesar 0,000 kurang dari taraf signifikansi 0,05. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran dengan teori Gagne terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok sudut siswa kelas VII SMPN 1 Boyolangu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 03 Dec 2014 02:29
Last Modified: 03 Dec 2014 02:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/286

Actions (login required)

View Item View Item