IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA GROUP WHATSAPP DAN GOOGLE MEET PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII DI SMPN 1 SRENGAT BLITAR

REVI WAHYUNI, 12209183053 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA GROUP WHATSAPP DAN GOOGLE MEET PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII DI SMPN 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (379kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
BABA III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan jud edia Group WhatsApp dan Google Meet pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII di oleh Revi Wahyuni NIM. 12209183053, yang dibimbing oleh Drs. H.Jani, MM., M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran, Daring, Media, Group WhatsApp, Google Meet. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peralihan dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran daring, dengan tujuan untuk mencegah rantai penyebaran Covid-19. berdasarkan observasi awal SMPN 1 Srengat adalah salah satu sekolah yang melakukan pembelajaran daring dengan menggunakan media ELearning dan Google Classroom pada mata pembelajaran IPS, namun dalam pembelajaran IPS belum bisa optimal, Sehingga guru IPS mengambil inisiatif dengan melangsungkan pembelajaran melalui media Group WhatsApp dan Google Meet, berdasarkan dari temuan awal tersebut sehingga peneliti tertarik untuk meninjau lebih dalam terkait Implementasi Pembelajaran daring Melalui Media Group WhatsApp dan Google Meet, kelebihan dan kendala yang ditemui serta mencari solusi untuk mengatasi permasalahan terutama pengaplikasianya pada mata pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, data yang diperoleh yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data meliputi pengelompokan data, reduksi data, penafsiran data, dan verifikasi data. Pada pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triagulasi, dan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi pembelajaran daring melalui Media Group WhatsApp dan Google Meet Pada mata pelajaran IPS adalah dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, dan 3) Evaluasi pembelajaran. Adapaun faktor pendukung dalam pembelajaran daring adalah adanya dukungan dari sekolah berupa Faktor sarana prasarana dan SDM, 1) faktor sarana prasarana meliputi a) tersedianya wifi gratis dan lab komputer, b) aplikasi yang mudah diakses, c) fitur yang mendukung, d) fleksibel, e) aplikasi Google Meet yang yang memudahkan berkomunikasi secara interaktif. 2) faktor sumber daya manusia meliputi a) kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Sedangkan faktor penghambat terdiri dari faktor internal dan eksternal 1) faktor internal meliputi a) kurangnya penguasaan materi pembelajaran 2) faktor ekstrnal meliputi a) kendala sinyal b) borosnya kuota internet, c) kurangnya kepemilikan gawai pribadi. guna mengatasi hambatan dalam pembelajaran daring pihak sekolah memberikan beberapa solusi alternatif diantaranya adalah 1) menerapkan pembelajaran luring, 2) menyediakan fasilitas lab komputer dan wifi gratis, 3) memberikan tenggang waktu untuk menyelesaikan tugas, 4) melakukan evaluasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209183053 Revi Wahyuni
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:37
Last Modified: 01 Aug 2022 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28603

Actions (login required)

View Item View Item