RUS DANNY ARDIANSYAH, 12201183072 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA KELAS X DI SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (846kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (456kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (236kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (426kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Rus Danny Ardiansyah, NIM 12201183072, Pendidikan Agama Islam (PAI), tahun 2022 dibimbing oleh Dr. Indah Khomsiyah M.Pd Kata kunci: Strategi Guru, Kemampuan Membaca, Al-Qur’an Strategi pembelajaran merupakan suatu komponen yang harus dijalankan oleh seorang guru dalam suatu proses pembelajaran, dalam hal ini terutama guru Pendidikan Agama Islam untuk menghadapi proses pembelajaran harus memiliki kreativitas dalam mengatur jalannya pembelajaran dalam kelas. Pada fenomenanya yang ada, guru Pendidikan Agama Islam menghadapi beberapa kendala yang menyebabkan rendahnya kemampuan siswa dalam membaca Al Qur’an. Oleh sebab itu untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an peserta didik guru Pendidikan Agama Islam dituntut untuk memiliki kreativitas yang baik dalam menentukan strategi pembelajaran. dalam penelitian ini juga yang dijadikan objek penelitian adalah SMAN 1 Campurdarat Tulungagung yang terletak di Desa Bandil Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung? 2) bagaimana pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung? 3) bagaimana evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung, 2) mendesskripsikan pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an peserta didik di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung, 3) mendeskripsikan evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah hasil wawancaraa dari waka kurikulum dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Prosedur pengumpulan data meliputi: metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjang keikut sertaan, ketekunan, pengamatan, dan triangulasi.Adapun hasil penelitian yang diperoleh oleh oleh peneliti adalah sebagai berikut, 1) Perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas x di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung yaitu, Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan mengunakan perangkat pembelajaran, menganalisis pokok materi, memberikan tugas kepada siswa, dan membuat format penilaian. 2) Pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas x di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung yaitu, Memimilih dan menentukan strategi pembelajaran, menjelaskan tujuan pembelajaran, menggunakan pembelajaran yang beragam yaitu metode ceramah, demostrasi, tanya jawab, pembiasan dan pengulangan, memberikan petunjuk belajar, menggunakan berbagai macam media pembelajaran, berupa Al-Qur’an, gambar dan video pembelajaran. 3) Evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung yaitu, proses dalam merencanakan pembelajaran, memperoleh informasi dan menilai keputusan dalam pembelajaran, mengingatkan kompetensi prasyarat, dan memberikan umpan balik saat menjelaskan materi pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183072 rus danny ardiansyah |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 04:20 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 04:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28652 |
Actions (login required)
View Item |