PENERAPAN AKAD ISTISHNA’ PADA JUAL BELI PERUMAHAN DENGAN SISTEM ARISAN PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH IBNU ASYUR (Studi Kasus Pada Properti Syariah Koya Barat Kota Jayapura)

SITI NUR FITRIANA, 128502203017 (2022) PENERAPAN AKAD ISTISHNA’ PADA JUAL BELI PERUMAHAN DENGAN SISTEM ARISAN PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH IBNU ASYUR (Studi Kasus Pada Properti Syariah Koya Barat Kota Jayapura). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (268kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (824kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB)

Abstract

Tesis dengan judul "Penerapan Akad Istishna' Pada Jual Beli Perumahan Dengan Sistem Arisan Perspektif Maqashid Syariah Ibnu Asyur (Studi Kasus Properti Syariah Koya Barat Kota Jayapura)" ditulis oleh Siti Nur Fitriana dengan pembimbing Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag. dan Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Kata Kunci: Istishna', Arisan, Maqashid Syariah Ibnu Asyur Muamalah di era globalisasi ini sangat beragam dan bermacam-macam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sebagai contoh, salah satu fenomena yang terjadi adalah di Properti Syariah Koya Barat Kota Jayapura yaitu penerapan akad istishna' pada jual beli perumahan dengan sistem arisan. Hal ini disebabkan karena adanya harga jual rumah yang semakin tinggi setiap tahunnya, namun tidak dibarengi dengan kemampuan membeli yang memadai, sehingga perlu dibuat alternatif lain supaya seluruh kalangan masyarakat dapat memiliki rumah. Permasalahan dalam penelitin ini adalah: 1) Bagaimana penerapan akad istishna' pada jual beli perumahan dengan sistem arisan pada Properti Syariah Koya Barat Kota Jayapura? 2) Bagaimana penerapan akad istishna' pada jual beli perumahan dengan sistem arisan pada Properti Syariah Koya Barat Kota Jayapura perspektif maqashid syariah Ibnu Asyur?. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif empiris yaitu meneliti narasumber yang dijadikan sebagai subjek dalam penelitian pada kegiatan yang dilakukan setiap harinya. Data yang digunakan yaitu data primer yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini ada dua poin penting, (1) bahwa penerapan akad istishna' pada jual beli rumah dengan sistem arisan pada properti syariah Koya Barat Kota Jayapura ini dimulai dengan seleksi calon anggota arisan yang dilakukan oleh pengembang dnegan persyaratan tertentu. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan kelompok arisan yang beranggotak 7 orang setiap kelompok. Pengundian dilakukan di awal pertemuan secara keseluruhan. Anggota arisan yang mendapat undian pertama dapat menempati rumahnya 6 bulan setelah angsuran pertama begitupun seterusnya. Selanjutnya, setelah pembayaran DP dengan arisan tersebut, dibutlah PPJB oleh pengembang dihadapan notaris sampai rumahnya jadi dilanjutkan dengan pembuatan AJB. (2) Jika ditinjau dari maqashid syariah Ibnu Asyur, transaksi jual beli ini sudah sesuai dengan maqashid syariah umum, namun dari maqashid syariah khusus belum terpenuhinya unsur transparansi dalam maqashid, dikarenakan pengembang hanya menjelaskan sebagian saja mengenai spesifikasi rumah yang ditawarkan. Dengan demikian, transaksi jual beli ini belum sepenuhnya sesuai dengan perspektif maqashid syariah Ibnu Asyur.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: M.H 128502203017 Siti Nur Fitriana
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:47
Last Modified: 02 Aug 2022 03:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28684

Actions (login required)

View Item View Item