NURUL LAILIN MUWAFAQOH, 17201153484 (2022) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ALQUR’AN HADITS (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH TRISULA LODOYO BLITAR). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (429kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (409kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Al-Qur’an Hadits (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Trisula Lodoyo Blitar)” ini ditulis oleh Nurul Lailin Muwafaqoh, NIM. 17201153484, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Kepala Madrasah, Kompetensi Pedagogik Guru Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh persoalan umum yang dihadapi oleh lembaga pendidikan yaitu dalam hal melakukan manajemen dan persoalan dalam tingkat pendidikan. Persoalan manajemen ini terjadi ketika kepala madrasah tidak mampu merencanakan, mengorganisasikan, mengendalikan, dan mengevaluasi program-program pengembangan madrasah dengan baik. Sebagai upaya mencari solusi atas berbagai persoalan pendidikan yang dihadapi, kepala madrasah perlu menerapkan suatu manajemen yang profesional sehingga akan berimbas dalam pengembangan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar. Sehingga, peneliti akan melihat bagaimana Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Al-Qur’an Hadits di MAS Trisula Lodoyo Blitar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi kepala madrasah melalui peran kepala madrasah sebagai educator dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru al-Qur’an hadits di MAS Trisula Lodoyo Blitar? (2) Bagaimana strategi kepala madrasah melalui peran kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru al-Qur’an hadits di MAS Trisula Lodoyo Blitar? (3) Bagaimana strategi kepala madrasah melalui peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru al-Qur’an hadits di MAS Trisula Lodoyo Blitar? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Mendeskripsikan strategi kepala madrasah melalui peran kepala madrasah sebagai educator dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru al-Qur’an hadits di MAS Trisula Lodoyo Blitar. (2) Mendeskripsikan strategi kepala madrasah melalui peran kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru al-Qur’an hadits di MAS Trisula Lodoyo Blitar. (3) Mendeskripsikan strategi kepala madrasah melalui peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru al-Qur’an hadits di MAS Trisula Lodoyo Blitar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif (penelitian kasus). Lokasi penelitian di MAS Trisula Lodoyo Blitar. Sumber data : informan, aktifitas, dokumen, lingkungan madrasah. Teknik pengumpulan data : observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data : data reduction, data display, dan conclusion drawing or verification. Pengecekan keabsahan data : trianglasi (antar sumber dan antar metode), perpanjangan keikutsertaan, dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi kepala madrasah sebagai educator dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru al-Qur’an hadits di MAS Trisula Lodoyo Blitar direalisasikan melalui : a. Memberikan kesempatan guru yang belum sarjana untuk mengikuti kuliah, b. Memberikan contoh mengajar yang baik sesuai dengan waktu, c. Memberikan contoh mengajar dengan menggunakan metode dan media yang sesuai dengan materi, d. Memberikan pelajaran privat lancar membaca al-Qur’an (2) Strategi kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru al-Qur’an hadits di MAS Trisula Lodoyo Blitar direalisasikan melalui : a. Mengawasi guru menyiapkan perangkat pembelajaran, b. Mengirim guru untuk mengikuti kegiatan diklat/seminar, workshop, MGMP, c. Mengadakan pelatihan pengembangan kompetensi di madrasah, d. Menempatkan guru sesuai dengan bidang keahlian, e. Penambahan fasilitas dan sarana prasarana, f. Memberikan motivasi, g. Memberikan reward dan punishment. (3) Strategi kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru al-Qur’an hadits di MAS Trisula Lodoyo Blitar direalisasikan melalui a. Kunjungan kelas, b. Kunjungan observasi, c. Membimbing guru cara mempelajari pribadi siswa dan mengatasi problem siswa, d. Membimbing guru dalam hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan kurikulum, e. Pelaksanaan ujian madrasah, f. Rapat evaluasi dan diskusi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Al Hadist Agama > Al Quran Pendidikan > Guru Pendidikan > Kepala Sekolah Pendidikan Islam > Madrasah aliyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153484 NURUL LAILIN MUWAFAQOH |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 03:17 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 03:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28708 |
Actions (login required)
View Item |