PENERAPAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MENGGUNAKAN MODEL CTL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI NGADIREJO POGALAN TRENGGALEK

ANIS FARIDA, 12205183004 (2022) PENERAPAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MENGGUNAKAN MODEL CTL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI NGADIREJO POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Media Power Point Dalam Pembelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Makanan Menggunakan Model CTL Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V MI Ngadirejo Pogalan Trenggalek” ini ditulis oleh Anis Farida, 2018, NIM 12205183004, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag. Kata Kunci : Power Point, Model CTL, Pembelajaran IPA, Prestasi Belajar Pada pembelajaran IPA Kelas V MI Ngadirejo Pogalan guru menggunakan media Power Point dan model CTL, dengan begitu Siswa sangat aktif dan merasa senang saat proses pembelajaran. Hal tersebut menjadikan siswa memahami materi yang disampaikan sehingga prestasi belajar yang diperoleh dapat mencapai kriteria ketuntasan minimum. Diera milenial seperti saat ini kemampuan guru untuk menggunakan media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang model pembelajaran yang digunakan. Dan penggunaan media dan model pembelajaran yang tepat pada siswa dapat menumbuhkan pemahaman terkait materi yang disampaikan. Metode penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan lokasi di Madrasah Ibtidaiyah Ngadirejo Pogalan Trenggalek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya pengecekan keabsahan data, observasi yang diperdalam, meningkatkan ketentuan. Hasil penelitian skripsi ini adalah:1) Dalam menyusun perencanaan yang berupa RPP yang didalamnya terdapat langkah pembelajaran, media dan model pembelajaran, muatan motivasi sampai kegiatan akhir pembelajaran. Dalam pembuatan perencanaan tersebut guru menyiapkan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan dan guru juga harus menyisipkan muatan-muatan motivasi yang menjadikan strategi untuk meningkatkan prestai belajar Siswa.2) Setelah tersusun perencanaan guru melakukan penerapan terhadap Siswa, didalam penerapan tersebut yang guru menggunakan media Power Point dan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) serta untuk memaksimalkan pembelajaran IPA dibantu juga dengan video dari Youtube, dan ada nya kuis. serta diawal kegiatan juga diberikan motivasi belajar agar Siswa memiliki semangat belajar yang tinggi sehinga prestasi belajarnya juga meningkat. 3) Evaluasi pada hasil pembelajaran dilakukan setiap hari pada akhir pembelajaran untuk mengetahui perkembangan dan pencapaian yang diperoleh Siswa. Evaluasi pembelajaran untuk Siswa dengan memberikan soal tes yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar serta untuk mengetahui pemahaman Siswa dalam terhadap materi yang disampaikan oleh Guru. Diadakan evaluasi ini kegiatan yang penting untuk mengetahui perkembangan kemampuan Siswa dari segi kognitif, afektif bahkan psikomotiknya juga, serta Siswa jadi terbiasa dengan hal baik yang memberikan prestasi belajar yang baik dan maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205183004 ANIS FARIDA
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:10
Last Modified: 02 Aug 2022 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28715

Actions (login required)

View Item View Item